Ekonomi

Perry: Seluruh Kebijakan Di 2021 Pro Pertumbuhan

  •   prabawati
  •   23 Juli 2021
  •   8:11pm
  •   Ekonomi
  •   448 kali dilihat

Jakarta - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menegaskan seluruh kebijakan Bank Sentral di 2021 akan pro pertumbuhan (pro growth).

"Sekali lagi kami tekankan untuk tahun 2021 seluruh kebijakan BI itu pro growth, kami arahkan untuk mendukung pemulihan ekonomi, " tegasnya dalam konferensi Pers, Kamis (22/7)

Bank Indonesia menurut Perry terus meningkatkan koordinasi kebijakan dengan Pemerintah dan instansi terkait untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, termasuk koordinasi kebijakan moneter, makroprudensial, maupun sistem pembayaran.

Selain itu BI terus memperkuat sinergi kebijakan dengan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) untuk implementasi lebih lanjut paket kebijakan terpadu KSSK dalam rangka menjaga stabilitas sistem keuangan dan meningkatkan kredit/pembiayaan kepada dunia usaha pada sektor-sektor prioritas, termasuk UMKM.

BI pun akan terus menjaga stabilitas nilai tukar rupiah bersama dengan Kementerian Keuangan ditengah meningkatnya ketidakpastian di pasar keuangan global.

Peryy memandang ekonomi Indonesia masih memiliki peluang untuk tumbuh diatas 3,9 persen hingga akhir tahun, jika proses vaksinasi Covid dan eksekusi berbagai kebijakan penanganan Covid dilakukan lebih cepat.

"Kami melihat ada peluang dan potensi pertumbuhan ekonomi di 2021 akan lebih tinggi dari 3,9 persen,"ungkapnya

Tambahnya, pada 2022, BI akan terus memantau perkembangan ekonomi dan tingkat inflansi untuk menjadi pertimbangan BI dalam merumuskan kebijakan. (Prb/ty)