Ekonomi

Pemprov Kaltim Kerjasama Perdagangan Dengan Sumetara Selatan

  •   pipito
  •   4 Juni 2022
  •   11:09am
  •   Ekonomi
  •   832 kali dilihat

Palembang - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan,Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Timur (Disperindagkop dan UMKM) melaksanakan kerjasama perdagangan atau lawatan bisnis antar pulau.

Untuk Kali ini Kerjasama tersebut Disperidagkop memfasilitasi 5 (lima) UKM pilihan ke Kota Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (02/06/2022).

 Dikutip dari laman resmi Disperindakop dan UMKM Provinsi Kaltim kerjasama ke kota dengan sebutan Bumi Sriwijaya ini merupakan program prioritas dan strategis untuk terus mendapatkan dukungan pemerintah. Dimana saat ini mengingat perannya dalam menentukan ketahanan ekonomi dan melihat begitu banyak masalah dan kebutuhan masyarakat di daerah yang harus diatasi atau dipenuhi, dengan melewati batas-batas wilayah administratif.

Dalam kesempatan tersebut Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kaltim, Riza Indra Riadi mengatakan bahwa untuk mensukseskan kerjasama diperlukan identifikasi isu-isu strategis, menetapkan bentuk atau model kerjasama yang tepat serta prinsip-prinsip yang menuntun keberhasilan kerjasama tersebut.

Kegiatan ini, ujarnya merupakan tindak lanjut Kesepakatan Bersama Gubernur Seluruh Indonesia selaku Anggota Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) tentang Kerjasama Perdagangan Produk Unggulan Antar Daerah dalam Mewujudkan kelancaran arus informasi dan distribusi komoditi/produk ungulan dalam rangka mendukung terpenuhinya kebutuhan masing-masing daerah.

 “ Sebagai bentuk perhatian dan upaya konkrit pemerintah daerah untuk memberikan motivasi dan pendampingan kepada Pelaku Usaha yang melakukan Perdagangan Antar Provinsi,” jelasnya.

Sementara Kepala Disperindagkop dan UKM, H. M. Yadi Robyan Noor, menambahkan bahwa Kaltim terus konsisten memfasilitasi UKM.  Komitmen dan Support dari Plt Sekda Kaltim dan Pj Sekda Sumsel mewakili Gubernur masing masing dalam kegiatan Bussines Matching (B to B) kali ini sangat baik dan riil.

“Luar biasa dari kerja sama bisnis hari ini diperoleh total transaksi cukup besar, yakni Rp18,3 Miliar,” bebernya.

Hadir Pj. Sekda Prov. Sumsel S. A. Supriono dan Plt Sekda Kaltim Riza Indra Riadi, Kepala Kanwil Bea Cukai, Kadis Perindustrian, Kadis Perdagangan, Kadis Koperasi dan Kadin wilayah Sumsel. (disperindakop & umkm/pt)

Sumber: Disperindakop dan UMKM