Ekonomi

Lima Kunci Sukses Kembangkan Ekonomi Syariah Ala Wagub Kaltim

  •   prabawati
  •   2 Agustus 2021
  •   2:24pm
  •   Ekonomi
  •   656 kali dilihat

Samarinda - Ada pesan menarik yang disampaikan Wakil Gubernur Kaltim H. Hadi Mulyadi pada Festival Ekonomi Syariah Kawasan Timur Indonesia 2021 (FESyar KTI).

Menurutnya terdapat 5 kunci sukses dalam mengembangkan ekonomi syariah di masa pandemi Covid-19.

"5 kunci sukses tersebut yakni sensitivitas, kapasitas, kolektivitas, kreativitas dan konektivitas. Inilah yang harus dibangun dalam konteks ekonomi syariah,"paparnya saat membuka acara FESyar KTI 2021 secara virtual, Senin (2/8).

Hadi menjelaskan membangun perkonomian syariah secara kuat ini apabila setiap masyarakat memiliki rasa sensitivitas.

Kedua membangun kapasitas dalam bentuk kekayaan, keahlian, keterampilan, kepemimpinan dan yang penting kapasitas dalam diri untuk memberikan manfaat bagi orang lain.

Lanjutnya, selain memiliki kapasitas juga harus membangun dirinya dalam bentuk kolektivitas kebersaaman. Karena tanpa kebersamaan maka tidak akan mudah membangun bangsa Indonesia.

Kemudian yang harus dilakukan yakni membangun kreativitas, apabila tidak kreatif maka yang dikumpulkan menjadi tidak bermakna

" Diera pandemi saat ini kita dituntut kreatif dalam membangun," terangnya

Kemudian yang terakhir membangun konektivitas,  dengan adanya konektifitas dapat menjalin hubungan ekonomi. Bukan hanya di indonesia tetapi sampai mancanegara.

Tambahnya, dibutuhkan pula kemampuan berkomunikasi. Jika orang mampu berkomunikasi dengan baik, maka akan melahirkan kolabirasi yang efektif dalam membangun bangsa dan negara.

Hadi harap ekonomi syariah ini benar-benar berkelanjutan, memberikan manfaat bagi alam bukan hanya bagi manusia tapi bagi seluruh alam yang ramah lingkungan yang kemudian memberikan manfaat bagi orang lain. (Prb/ty)