Ekonomi

Forum Diskusi BIMP - EAGA 2023: Samakan Persepsi dan Komitmen dalam Akselerasi Investasi dan Sektor Ekonomi

  •   Sefty Wulandari
  •   31 Agustus 2023
  •   3:34pm
  •   Ekonomi
  •   667 kali dilihat

Jakarta - Brunei Darussalam Indonesia Malaysia Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP EAGA) merupakan salah satu kerja sama ekonomi subregional yang dibentuk pada tahun 1994 dengan tujuan utama meningkatkan kerja sama ekonomi dan integrasi di antara wilayah anggotanya.

Untuk menyamakan persepsi serta memberikan pemahaman terkait BIMP - EAGA, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalimantan Timur menggelar Forum Diskusi BIMP - EAGA 2023 di Hotel JW Marriot Jakarta, Kamis (31/08/2023).


“Melalui forum ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan wawasan terkait BIMP - EAGA beserta mekanisme kelembagaan, sebagai langkah penting untuk memastikan kita semua memiliki pemahaman yang sama dan mendalam terkait potensi dan manfaat dari adanya BIMP –EAGA,” ujar Puguh Hardjanto selaku Kepala DPMPTSP Kaltim, saat membuka acara dengan resmi.

Dalam kesempatan tersebut Puguh pun menambahkan, pertumbuhan ekonomi terus menjadi fokus Kaltim dalam pembangunan berkelanjutan. Dalam menghadapi era globalisasi yang kompleks, akan memberikan keuntungan yang kompetitif untuk kita, kita dapat menentukan strategis dan mengoptimalkan sektor unggulan yang mendukung ekonomi yang berkelanjutan.

Sebagai Sekretariat Kerja sama BIMP - EAGA untuk Agribusiness Cluster, Pemprov Kaltim telah melakukan beberapa upaya untuk memperkuat produk komoditas unggulan melalui berbagai workshop, agar memiliki daya saing tinggi, sekaligus penguatan pasar ke daerah-daerah ataupun provinsi-provinsi yang bernaung di BIMP-EAGA.

Adapun melalui forum diskusi ini diharapkan membangun persamaan persepsi kelembagaan, sehingga pemprov kaltim dapat berperan aktif dalam penyelenggaraan ini. Acara dirangkai dengan diskusi dengan panelis dan atau narasumber dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Kementerian Luar Negeri RI, dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kaltim.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim Muhammad Faisal, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kaltim Irhan Hukmaidy, Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Kaltim Siti Farisyah Yana, Kepala Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kaltim Fahmi Himawan, Kepala Biro Ekonomi Setdaprov Kaltim Iwan Darmawan, Ketua KADIN Kaltim Dayang Donna Faroek, Sekda dari tiap kabupaten kota di Kaltim dan seluruh tamu undangan. (sef/pt)

Foto : Adg