Ekonomi

Festival Ekonomi Syariah Kawasan Timur Siap Digelar di Kota Samarinda

  •   prabawati
  •   24 Mei 2023
  •   8:09pm
  •   Ekonomi
  •   894 kali dilihat

Samarinda - Festival Ekonomi Syariah (FESyar) merupakan agenda tahunan Bank Indonesia dalam rangka mendukung akselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah melalui kolaborasi dengan stakeholders strategis di tingkat daerah.

FESyar merupakan Festival Ekonomi Syariah yang digelar di 3 tiga kawasan yaitu Kawasan Jawa, Sumatera dan Kawasan Timur Indonesia (Kalimantan Sulawesi Balinusra, Maluku dan Papua) sebagai rangkaian menuju Indonesia Sharia Economic Festival ISEF) yang puncaknya acara akan diselenggarakan pada Bulan Oktober 2023.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kaltim Ricky P Gozali menyebutkan tahun ini FESyar Kawasan Timur Indonesia akan dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Timur pada 25 - 28 Mei 2023 secara hybrid dengan mengangkat tema "Penguatan Sinergi dan Inovasi Ekonomi dan Keuangan Syariah Melalui Dukungan Digitalisasi untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi KTI yang Inklusif".

Rangkaian FESyar KTI akan menjadi 3 bagian utama yaitu Opening Ceremony Sharia Forum dan Sharla Fair. Opening ceremony akan dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2023 di Hotel Mercure Samarinda yang akan dihadiri oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni P. Joewono serta Gubernur Kalimantan Timur H. Isran Noor.

"Sharia Forum akan dilaksanakan pada tanggal 25-27 Mei 2023 di Hotel Mercure Samarinda,"ungkap Ricky dalam keterangan resminya, Rabu (24/5).

 

Sharia Forum merupakan seminar dengan topik pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang menghadirkan narasumber lokal dan nasional yang ahli di bidangnya dengan topik-topik yang juga sangat terkini yaitu digitalisasi, sertifikasi halal pemberdayaan ZISWAF, perkembangan usaha pesantren dan juga blue print ekonomi dan keuangan syariah secara umum

Sedangkan Sharia Fair akan dilaksanakan pada tanggal 26-28 Mei 2023 di Big Mall Samarinda yang akan menghadirkan showcasing produk UMKM binaan Bank Indonesia se-KTIcoaching clinic Sertifikat Halal Gratis, beragam talkshow, edukatif, business matching, fashion show muslim, hingga berbagai kompetisi dan pertunjukan seni islami.

Selain itu, untuk menyambut FESyar KTI 2023 initelah digelar sejumlah pre-event yang terdiri dari lomba-lomba seperti lomba ponpes unggulan, lomba ZISWAF, lomba wirausaha muda syarlah, lomba dakwah ekonomi syarlah antar pesantren, lomba konten ekonomi syariah, kompetisi kesenian Islaml, lomba kalligrafi, lomba video wisata Halal se-KTI dan Fashion Design Competition (IN2MOTION Fest).

Pada Road to FESyar KTI di Kalimantan Timurjuga telah diselenggarakan Sertifikasi Pendamping Proses Produk Halal kerjasama Bank Indonesia dengan LP3H Universitas Islam Negeri Sunan Idris UINSIdan LP3H Universitas Mulawarman. (Prb/ty).