Ekonomi

Ekonomi Syariah Terus Digalakkan Di Kaltim

  •   prabawati
  •   5 Agustus 2021
  •   8:52am
  •   Ekonomi
  •   717 kali dilihat

Samarinda - Pertumbuhan ekonomi syariah di Provinsi Kalimantan Timur terus digalakkan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Jika perekonomian syariah bisa tumbuh maksimal di Kaltim maka diyakini Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kaltim Tutuk SH Cahyono akan menciptakan pertumbuhan ekonomi secara umum yang berkualitas.

"Mendukung itu semua, maka perlu sinergi semua pihak dalam mendukung transformasi ekonomi syariah di Indonesia," jelasnya di Samarinda belum lama ini.

Perekonomian syariah salah satunya didorong dengan memaksimalkan peran Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) berbasis syariah yang ada di Kaltim.

BI Kaltim juga terus mendorong UKM Syariah untuk masuk di pangsa pasar global. Bahkan juga telah memberikan pelatihan dan pendampingan secara sistematis dengan penguatan digitalisasi.

Selain itu, BI kaltim sudah pernah memfasilitasi belasan UMKM untuk memperoleh sertifikat halal bagi produk mereka. Karena sertifikat halal wajib dimiliki dalam proses produksi dan hasil akhirnya.

Yang tidak kalah penting menurutnya, Covid-19 mengajarkan untuk bersinergi, berkolaborasi dan silaturahmi satu sama lain membangun Indonesia membangun Kaltim.

Salah satunya mempercepat pemulihan dengan penguatan sinergi bauran kebijakan dan sinergi transformasi ekonomi syariah Nasional.

Dia menambahkan Bank Indonesia siap terus bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait dan menggali potensi-potensi produk halal di Kaltim agar memiliki daya saing di tingkat Nasional maupun global. (Prb/ty)