Ekonomi

Dukung Untuk Lebih Maju, Luhut Boyong Tiga UMKM dan BUMDes Kaltim Ke Jakarta Lakukan Aksi Nyata

  •   resa septy
  •   12 Oktober 2021
  •   2:33pm
  •   Ekonomi
  •   474 kali dilihat

Samarinda – Tidak hanya bicara, dukungan Pemerintah untuk membantu sejumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Provinsi Kalimantan Timur lebih berkembang dan maju benar adanya.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan fasilitasi dan boyong tiga perwakilan dari UMKM dan BUMDes Kaltim ke Jakarta duduk bersama lakukan aksi nyata.

Bentuk dukungan tersebut secara langsung disampaikannya melalui Dialog Interaktif Bersama Pelaku UMKM dan BUMDes Kaltim diantaranya BUMDes Muara Badak Komoditas Lidi Sawit dan Nipah, Koperasi Produsen Taruna Bina Mandiri Kabupaten Kutai Timur, serta UMKM Sarung Samarinda pada perhelatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Kaltim secara virtual di Plenary Hall Convention GOR Sempaja Samarinda, Selasa (12/10).

“Jadi Ibu-Ibu yang kerja dan Bapak-Bapak yang jadi pengaturnya, nanti saya minta dari tempat saya (Staf) Pak Odo dan Menteri Desa PDTT (Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi) duduk bersama, kita undang ke Jakarta, kita fasilitasi. Langsung kita ambil actionnya apa. Pak Camat diorganisir saja desanya dengan tempat-tempat lain. Nanti mengenai permodalan, Pemerintah bantu, KUR (Kredit Usaha Rakyat) ada, macam-macam. Bisa tidak ada masalah untuk itu,” ucap Luhut kepada BUMDes Komoditas Lidi Sawit dan Nipah, Sohiban yang didampingi Kepala Desa dan jajaran struktrural Kecamatan Muara Badak.

Sarannya kepada BUMDes Komoditas Lidi Sawit dan Nipah untuk membuat beberapa kelompok atau asosiasi. Sehingga, antara kelompok Lidi Sawit dan Nipah tidak menjadi satu. Pihaknya bersama Menteri Desa PDTT A. Halim Iskandar, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah dan Gubernur Kaltim Isran Noor akan bersama-sama membantu menjalankan pengembangan dan peningkatan produk yang dihasilkan.

“Perwakilan Koperasi Taruna Bina Mandiri Kabupaten Kutai Timur juga ke Jakarta. Nanti saya bicara dengan Menteri Pertanian untuk melihat langsung. Bawa bahan presentasinya, setelah itu baru meninjau kesana. Apa yang dibuat pemerintah untuk bisa menolong kalian supaya lebih besar dan lebih cepat maju lagi. Itu konkret kita kerjain,” jelas Luhut dengan tegas diapresiasi langsung oleh Gubernur Kaltim Isran Noor yang duduk tepat disampingnya.

Sama halnya dukungan yang diberikan Luhut kepada BUMDes Komoditas Lidi Sawit dan Koperasi Taruna Bina Mandiri Kabupaten Kutim sebelumnya, Pelaku UMKM Sarung Samarinda yang terdampak dan harus banting setir lantaran minimnya pengunjung yang bertandang ke Kampung Tenun selama pandemi Covid-19, manfaatkan sosial media hingga berbagai market place yang ada untuk pemasaran produknya juga mendapatkan perhatian penuh dari Pemerintah.

Dalam hal ini, Luhut mengerahkan pihaknya untuk langsung mengunjungi Kampung Tenun guna menemukan solusi pemecahan masalah yang dialami.

“Apa nanti yang bisa kita bantu, apakah pendanaan melalui Bank atau gimana. Kalau Covid-19 ini pasti ada waktunya akan turun, jadi kita jangan terlalu pesimis. Kita harus optimis, jangan saat dia turun kita belum siap, kita harus siap,” tutupnya seraya memberi semangat. (resa/pt)