Ekonomi

Business Matching Kaltim - Sabah: Bahas Prospek Bisnis Dua Negara 

  •   Khajjar Rohmah
  •   14 Oktober 2022
  •   1:52pm
  •   Ekonomi
  •   574 kali dilihat

Balikpapan - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menerima kunjungan kerja dari Kementerian Pembangunan Perindustrian Sabah, Malaysia. Lawatan Negeri Jiran ke Benua Etam ini, membawa misi pelaburan dan perdagangan antar dua negara. 

 

Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Kaltim, Iwan Darmawan, MM,Ak mengatakan, pertemuan antara Pemprov Kaltim dan Kementerian Pembangunan Perindustrian Sabah menjadi ajang silaturahmi dua wilayah. Kegiatan pertemuan itu, juga diisi dengan agenda business matching untuk melihat potensi bisnis antara Kaltim dan Sabah. 

 

"Ya kita melihat potensi kerja sama yang bisa ditawarkan dari sana (Sabah) dan dari kita," kata Iwan saat dihubungi Tim Liputan Diskominfo Kaltim, Kamis (13/10/2022). 

 

Ia menyampaikan, potensi bisnis yang ditawarkan dari Kaltim adalah produk perikanan. Terutama kepiting dan udang yang cukup melimpah dan telah menjadi komoditas ekspor hingga ke wilayah Asia Timur. 

 

"Kita biasa ekspor produk perikanan ke Cina dan Hongkong. Dari pihak Sabah menawarkan pengiriman produk kita kalau memungkinkan transit di pelabuhan Sabah. Lalu join kontainer, jadi kita isi separuh, mereka separuh, jadi cost pengiriman bisa lebih murah," terang Iwan menjelaskan hasil pembahasan dalam Business Matching bersama Pemerintah Sabah yang dilaksanakan di Hotel Platinum Balikpapan, Kamis (13/10/2022). 

Pihak Sabah, juga menawarkan produk baja untuk kebutuhan infrastruktur pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim. Mereka memiliki pabrik baja yang cukup besar, untuk mensupply kebutuhan baja di Kaltim. 

 

Iwan menyebut, pertemuan antara Pemprov Kaltim dan Pemerintah Sabah ini menjadi langkah awal dalam prospek bisnis kedepan. Belum ada penandatanganan kerja sama dalam pertemuan ini. Namun, ia menegaskan business matching antara Kaltim dan Sabah dapat mempererat hubungan para pelaku bisnis dua negara di satu tanah Borneo ini. 

 

"Pada prinsipnya kita siap mendukung prospek kerja sama ke depan. Masing-masing pengusaha juga bisa melanjutkan pertemuan secara b to b (business to business)," ungkapnya. 

 

Perwakilan Pemprov Kaltim dipimpin oleh Penjabat (Pj) Sekda, Riza Indra Riadi bersama Biro Perekonomian dan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop). 

Sementara dari pihak Pemerintah Sabah, dipimpin oleh Timbalan Ketua Menteri Sabah merangkap Menteri Pembangunan Perindustrian Sabah, Datuk Seri Panglima Dr. Joachim Gunsalam dan delegasi dari kamar dagang industri dan pelaku bisnis. (KRV)