Ekonomi

Business Matching Antara Kaltim dan Yogyakarta Capai Rp 3,89 Miliar

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   28 September 2022
  •   8:11pm
  •   Ekonomi
  •   405 kali dilihat

Yogyakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan,Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Provinsi Kalimantan Timur memboyong 5 pelaku usaha untuk melaksanakan kerjasama perdagangan antar pulau dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (28/09/2022).

Kepala Disperindagkop UKM Kaltim Muhammad Sa’duddin menuturkan, kegiatan Business Matching ini adalah guna meningkatkan nilai transaksi perdagangan produk unggulan antar daerah, mengakselerasi pertumbuhan ekonomi, mengurangi kesenjangan antar Provinsi dan sebagai bahan penyusunan program dan kebijakan.

Penjajakan Kerjasama Perdagangan ini dalam rangka mewujudkan kelancaran arus informasi dan distribusi produk ungulan dalam rangka mendukung terpenuhinya kebutuhan masing-masing daerah.

“Kaltim terus konsisten memfasilitasi UKM, dan pada kesempatan kali ini mencapai total transaksi sebesar Rp 3,89 Miliar antara 5 pelaku usaha Kaltim dengan 19 pelaku usaha D. I. Yogyakarta. Luar biasa,” serunya.

Sa’duddin mengatakan sebagai bentuk perhatian dan upaya konkrit Pemerintah Daerah untuk memberikan motivasi dan pendampingan kepada Pelaku Usaha yang melakukan Perdagangan Antar Provinsi. Sa’duddin berharap kegiatan seperti Business Matching ini dapat terlaksana tidak hanya antar Provinsi saja, tapi juga antar luar negeri.

 

Sementara itu, Ir. Syam Arjayanti, M. P. A selaku Kadis Perindag DIY dalam sambutannya menyambut baik kegiatan Business Matching yang diadakan oleh Kaltim.

“Selamat melaksanakan Business Matching Bapak/Ibu semuanya. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini semakin meningkatkan perekonomian baik untuk Provinsi Yogyakarta dan Kalimantan Timur.” ujarnya.

Adapun Komoditi atau Produk yang akan ditawarkan antara lain yakni Lidi Sawit, Sarang Burung Wallet, Bungkil, Cangkang Sawit, Charcoal, Soes Crsipy Original, Stik Amplang, Mie Stik, Amplang, Abon Ikan Asin Layur, Sambel Pecel Lumer, Sambal Botol,

Ada pula Dompet Doyo Kombinasi Manik-Manik, Dompet Doyo Kombinasi Kain Tenun Ulap Doyo, Kombinasi Renda Pom-Pom, Gantungan Kunci Karakter, Sarung Botol, Boneka Rajut, Amplang Koin Nusantara, Kopi Ja’day, Abon Kepiting, Teh Tiwai Borneo.

Para pelaku usaha ini didatangkan langsung dari Samarinda dan Balikpapan.

 

Sumber : Indagkop Kaltim