Ekonomi

4 Upaya BI Sukseskan Karya Kreaktif Indonesia

  •   prabawati
  •   3 Maret 2021
  •   3:45pm
  •   Ekonomi
  •   357 kali dilihat

Samarinda---- Terdapat 4 upaya Bank Indonesia (BI) dalam mensukseskan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 Seri 1 "Eksotisme Lombok" Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata Indonesia. Hal tersebut disampaikan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo pada Pembukaan KKI 2021, secara virtual, Rabu (3/3)

4 upaya tersebut pertama "Eksotisme Lombok" untuk mendorong pariwisata dan UMKM dari Nusa Tenggara Barat. Kedua BI terus memperluas penggunaan QR Code Indonesian Standard (QRIS) ke seluruh Indonesia dengan menggerakkan 46 Kantor Perwakilan BI di dalam negeri, khususnya meningkatkan pengunaan QRIS Tanpa Tatap Muka (TTM).

Kemudian Ketiga, mengunggah produk-produk UMKM ke dalam platform digital e-katalog. Melalui e-katalog dan pembayaran yang mudah menggunakan QRIS, masyarakat semakin mudah mendapatkan akses menjangkau produk UMKM.

Sedangkan Keempat, berbagai sinergi dengan berbagai Kementeria /Lembaga dalam mensukseskan Gernas BBI dan BWI.

Peryy juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia Untuk belanja produk UMKM. Belanja ini khususnya baik jajaran Menteri, Pimpinan Eselon I dan II serta pegawai Bank Indonesia.

"Ayo belanja, belanja, belanja UMKM denga mudah menggunakan e-katalog maupun QRIS"ajaknya.

Instruksi ini dilakukan untuk turut mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata Indonesia.

"Kami juga ajak bahwa belanja UMKM begitu mudahnya ada QR Indonesia standar dan e-katalog tinggal sentuh dan kemudian bisa kita lakukan. Mari kita terus kuatkan sinergi ini agar betul-betul genre BBI dan bangga berwisata berwisata di Indonesia terus kita lakukan,"tegasnya (Prb/ty)