Cuaca

Prediksi Cuaca, Hujan Sedang Melanda Kalimantan Timur

  •   prabawati
  •   21 April 2024
  •   11:27am
  •   Cuaca
  •   277 kali dilihat

Samarinda - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Samarinda memprakirakan secara umum wilayah di Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan kategori sedang antara 50 - 150 milimeter dengan peluang 60 persen pada dasarian III tanggal 21-30 April 2024.

 Namun, di bagian timur Kalimantan Timur, diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas rendah (0-50 mm) dengan peluang hujan berkisar antara 50 hingga 90 persen.

 Sementara itu, prakiraan deterministik curah hujan untuk dasarian III menunjukkan bahwa wilayah Kaltim secara umum akan mengalami curah hujan dengan intensitas menengah berkisar antara 50 hingga 150 mm.

 Untuk curah hujan dengan intensitas rendah (20 – 50 mm), diperkirakan akan terjadi di wilayah Kaltim bagian utara dan timur, termasuk sebagian kecil wilayah Kabupaten Berau, bagian timur Kabupaten Kutai Timur, Kota Bontang, bagian timur Kota Samarinda, bagian timur Kabupaten Kutai Kartanegara, dan bagian timur Kota Balikpapan.

Prakiraan deterministik juga menunjukkan bahwa sifat hujan di wilayah Kaltim diperkirakan akan didominasi oleh hujan dengan kategori bawah normal hingga normal, berkisar antara 50 hingga 115 persen. (Prb/ty).