Budaya

Misi Kebudayaan Dayak Long Ears Through the Lens akan Hadirkan Perempuan Kuping Panjang dari Kaltim di Belanda

  •   Khajjar Rohmah
  •   22 April 2024
  •   7:04pm
  •   Budaya
  •   251 kali dilihat

Jakarta - Pada 31 Mei hingga 30 Juni 2024 mendatang, akan digelar Pameran Etnofotografi bertajuk Dayak Long Ears Through The Lens di Belanda. 

Pameran Etnofotografi karya Ati Bachtiar yang akan ditampilkan di Negeri van Orange Belanda itu nantinya akan diisi dengan pertunjukkan musik, screening video, tarian Dayak hingga diskusi ringan mengenai kearifan lokal Masyarakat Adat Dayak yang dikaitkan dengan isu konservasi hutan, keanekaragaman hayati dan perubahan iklim.

Tokoh Perempuan Dayak bertelinga panjang asal Kalimantan Timur, juga akan dihadirkan dalam misi kebudayaan tersebut. 

Ketua Panitia Misi Kebudayaan: Dayak Long Ears Through The Lens, Yani Saloh menjelaskan, saat ini hanya tersisa 47 perempuan telinga panjang yang tersebar di Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat. Baginya, warisan budaya ini harus terus dijaga dan dilestarikan. 

"Kita akan hadirkan salah satu tokoh perempuan dayak berkuping panjang, Ibu Yek Lawing dari Kampung Long Isun, Kecamatan Long Pahangai Mahulu," terang Yani.  

Kegiatan Dayak Long Ears Through The Lens dimulai pada 31 Mei 2024 yang diisi dengan pameran photo etnofotografi kuping panjang dan pertunjukan budaya di Museum Sophiahof Den Haag, Belanda. Dilanjutkan dengan Tong Tong Fair (TTF) pada 2 Juni 2024 mendatang. TTF menjadi Festival Budaya Indonesia tertua dan tebesar di dunia yang diselenggarakan setiap tahun di Belanda sejak 1959.

Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik mengaku mendukung kegiatan tersebut. Ia bahkan menyarankan pameran kebudayaan seperti itu juga bisa digelar di Kaltim. 

"Pada prinsipnya bagus dan saya mendukung. Kalau perlu, kita bikin di Kaltim undang pegiat budaya dari negara lain, misalnya Myanmar atau Vietnam," ujar Akmal Malik saat audiensi di Jakarta bersama Panitia Dayak Long Ears Through the Lens serta jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Diskdikbud Kaltim) pada Senin (22/4/2024).  

Hadir dalam audiensi, Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal, Sekretaris Disdikbud Kaltim Yekti Utami dan tim Panitia Dayak Long Ears Through the Lens. (KRV/pt)