Berita

Wujudkan Masyarakat Berpengetahuan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim Perluas Jangkauan

  •   prabawati
  •   18 Juli 2022
  •   5:52pm
  •   Berita
  •   409 kali dilihat

 

Samarinda -  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur bertransformasi untuk meningkatkan literasi masyarakat dalam mewujudkan masyarakat berpengetahuan dengan jangkauan luas khususnya daerah pedalaman dan perbatasan.

"Saya ingin melakukan jangkauan yang semakin jauh saya berniat akan ke Long Pahangai , Long Apari salah satu desa yang ada di Kecamatan Mahakam Ulu, bagaimana kita mau menjawab IKN kalau warga kita kurang literasinya.” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim syafranuddin pada IKN melalui dialog Sambut IKN Melalui Akses Literasi Yang Berdaulat, secara virtual, Senin (18/7).

Menurutnya, bagaimana menjawab IKN kalau warga kurang literasinya, IKN ini bukan hanya milik warga terbatas tertentu tapi warga Kaltim harus menikmati IKN ini.

Pihaknya telah menghadap Gubernur Kaltim, agar bisa memanfaatkan gedung atlit Kadri Oening Stadion Madya Sempaja Samarinda untuk dimanfaatkan sebagaimana tempat layanan perpustakaan Provinsi Kaltim.

"Rancangannya sudah saya buat dilantai dasar untuk lansia dan difabel, kemudian anak anak TK, Paud dan UKM. Sementara lantai dua nanti ada SMP dan SMA, lantai tiga mahasiswa serta tempat privat,"sebutnya.

Dengan jangkauan yang luas ke beberapa daerah harapannya mampu meningkatkan sarana dan prasarana minat baca masyarakat khususnya kota Samarinda dan Kalimantan Timur.

Pihaknya juga sedang melakukan susatu kajian dua tahun mendatang melakukan kegiatan misalnya bagi masyarakat yang menginginkan buku nanti bisa diantar dengan melibatkan transportasi online.

"Kita menggelorakan masyrakat untuk membaca ini dengan berbagi cara,"tuturnya. (Prb/ty).