Berita

Wakili Gubernur Kaltim, Bupati Paser Buka Rakorda Diskominfo Kabupaten/Kota 

  •   Khajjar Rohmah
  •   13 Maret 2023
  •   2:23pm
  •   Berita
  •   372 kali dilihat

Tana Paser - Mewakili Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Bupati Paser, dr. Fahmi Fadli membuka acara Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Bidang Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian se- Kalimantan Timur (Kaltim) Tahun 2023. 

Sebagai tuan rumah penyelenggara, Bupati Paser, dr. Fahmi Fadli memang memberikan perhatian dan pelayanan optimal kepada para peserta Rakorda yang hadir ke Bumi Daya Taka. 

Setelah memberikan penyambutan hangat kepada para peserta pada Malam Ramah Tamah, Fahmi Fadli kembali hadir pada acara pembukaan Rakorda untuk membuka acara sekaligus menyampaikan sambutan Gubernur Kaltim, Senin (13/3/2023) pagi.

"Atas nama pemerintah provinsi kami menyambut baik dan mengapresiasi penyelenggaraan rakorda ini," kata Bupati Fahmi Fadli, mengawali sambutannya mewakili Gubernur Kaltim pada Pembukaan Rakorda yang dihelat di Ballroom Hotek Kyriad Sandurengas, Tanah Grogot. 

Dalam penyampaian itu, Gubernur Kaltim berharap penyelenggaraan Rakorda Bidang Kominfo kabupaten/kota dapat meningkatkan hasil kerja yang berkualitas dan akuntabel. 

Berkaitan dengan tema yang diangkat, yakni "Sinergitas Transformasi Digital untuk Mendukung Implementasi E-Goverment," gubernur berpesan agar seluruh Perangkat Daerah (PD) lingkup kabupaten/kota dapat mengimplementasikan Sistem Pemerintahan Berbasis Elekteronik (SPBE). 

"SPBE dimaksudkan dapat memberikan layanan pengguna dengn prinsip kesinambungan. Serta dapat memangkas pembiayaan, meminimalisir praktik penyalahgunaan wewenang, dan meningkatkan pelayanan publik," terangnya. 

Layanan berbasis elektronik ke depan, diharapkan dapat mencakup seluruh proses penyelenggaraan pemerintahan. Mulai dari urusan administrasi perkantoran (e-office), keuangan, kepegawaian, perizinan, pengaduan, pendidikan dan lain sebagainya. 

"Implementasi percepatan SPBE ini juga diharapkan dapat mengubah pola pikir, pola sikap dan pola tindak para penyelenggara pemerintahan," pungkasnya. 

Seremoni pembukaan Rakorda ditandai dengan penekanan tombol bersama oleh Bupati Paser, dr. Fahmi Fadli didampingi Kadiskominfo Kaltim, Muhammad Faisal. 

Rangkaian Rakorda Bidang Kominfo kabupaten/kota se Kaltim juga diisi dengan sesi pemaparan materi dari beberapa narasumber. Di antaranya adalah Direktur Pengelolaan Media Kementerian Kominfo RI Nursodik Gunarjo, Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan SPBE Kemenpan RB Cahyono Tri Wibowo, Government Account Manager Telkom Samarinda, Rexy Septian Arafat, serta Wahyu Toni Hermawan General Manager Sbu Regional Kalimantan PT Icon+. 

Hadir pula jajaran Diskominfo Provinsi Kaltim dan para perwakilan Diskominfo dari kabupaten/kota. (KRV/pt)