Berita

Tak Sekedar Seleksi, Tahapan Rekrutmen PT KAI Harus Hasilkan SDM Handal dan Siap Pakai

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   19 Januari 2022
  •   9:54am
  •   Berita
  •   1212 kali dilihat

Samarinda - Pelaksanaan rekrutmen PT KAI yang digelar di Dinas Perhubungan Prov. Kaltim merupakan salah satu program strategis PT KAI (Persero) dalam rangka pemenuhan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) operasional tahun 2022 dibidang Perkeretaapian.

Hal itu diungkapkan Vice President Financial and administration PT Kereta Api Indonesia (Persero), Sri Mulyani usai ditemui pada kegiatan seleksi kesehatan tahap awal PT. Kereta Api (Persero) di Kantor Dinas Perhubungan Prov. Kaltim, Selasa (18/1).

“Dengan adanya rekrutmen pada lulusan beasiswa perkeretaapian Rusia tersebut, sangat menguntungkan untuk pihak PT KAI karena memiliki latar belakang perkeretaapian sehingga lulusan para mahasiswa tersebut dapat menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap pakai," ungkapnya.

Lanjut Sri menjelaskan kegiatan rekruitmen ini terbagi menjadi dua yaitu rekrutmen program reguler dan program khusus. Pada rekrutmen reguler prosedurnya berupa melakukan validasi administrasi, tes kesehatan fisik dan seterusnya hingga ke step akhir. Prosedur tersebut berbeda dengan prosedur yang ada pada program khusus.

“Karena ini program khusus, sehingga sifatnya pun khusus dan kami melakukan marathon rekrutmen di lokasi dari mulai Selasa hingga Jum’at kita melakukan tahap pertama validasi administriasi di kantor pusat PT KAI di Bandung. Lalu yang lolos tahap pertama, melakukan seleksi kesehatan awal,” jelasnya.

Pengumuman kelulusan juga akan dikeluarkan pada malam hari ini. Tidak sampai disitu saja, tahap selanjutnya akan diadakan test Psikologi lalu test wawancara, sambungnya menambahkan.

“Pada test wawancara nanti, fokus kami ialah mencari dan mengetahui kandidat yang memiliki motivasi yang benar-benar menginginkan bergabung dengan PT KAI,” ujarnya.

Setelah test wawancara tersebut selesai, pengumuman pada kandidat yang lolos tes wawancara akan langsung diumumkan dan melakukan tahap selanjutnya yaitu tes kesehatan akhir yang dilakukan di laboratorium, bebernya.

“Pengumuman kandidat yang terpilih, akan diolah kembali dan dibawa ke pusat, sehingga kami berdiskusi terlebih dahulu karena target kita kepada para calon kandidat dapat bergabung pada bulan Februari 2022,” pungkasnya.

Selain Dishub Kaltim ada lokasi lain diselenggarakannya seleksi rekruitmen diantaranya, Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) di Bekasi Jawa Barat dan Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun Jawa Timur. Pada bagian wilayah Kalimantan, peserta berasal dari lulusan beasiswa perkeretaapian Rusia dari PT. KA Borneo. (rey/cht/pt)