Berita

Serius Kembangkan Portal Pengaduan, Faisal Konsultasi Ke Ombudsman Kaltim

  •   Edwin Derry Mahatma
  •   16 Februari 2021
  •   6:32pm
  •   Berita
  •   248 kali dilihat

SAMARINDA- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim, M. Faisal mengajak pengelola layanan aspirasi dan pengaduan Provinsi Kaltim berkunjung ke Kantor Ombudsman Perwakilan Kaltim, Selasa siang (16/2). Kunjungan dilakukan guna pembuatan Portal Aspirasi dan Pengaduan di Kalimantan Timur.

Bersama Kepala Bidang IKP, Irene Yuriantini dan Kepala Seksi Pelayanan Informasi dan Penguatan Kapasitas Sumberdaya 1. Jalan MT. Haryono tim pengelola disambut Kepala  Ombusman Perwakilan Kaltim, Kusharyanto. Komunikasi Publik, Sri Rezeki Marietha. Faisal tiba di Kantor Ombudsman Perwakilan Kaltim yang beralamatkan Jl, Perum Rawa Indah Pemda Kaltim, Blok A No

“Diskominfo sedang membuat Portal Pengaduan sehingga nantinya masyarakat bisa melaporkan aduan melalui SP4N LAPOR serta Layanan Aspirasi Etam dalam Portal khusus", jelas Faisal

Lebih lanjut Faisal mengatakan pada portal tersebut selain ada Website saluran pengaduan juga akan kami buka Hotlinenya.

Menanggapi paparan Kadis Kominfo Kaltim, Kusharyanto selaku  Kepala  Ombusman Perwakilan Kaltim mengapresiasi Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Diskominfo serius mengelola pengaduan dan aspirasi masyarakat.

"Asalkan memiliki standar layanan dan sesuai dengan standar pengaduan yang ada. Untuk Penanggung jawab adalah Sekretaris Daerah dan Gubernur adalah pembina", tukas pria asli Madiun ini.

Ia pun menambahkan untuk pengaduan dibedakan dengan aspirasi. Perlu ada unit teknis pengelola pengaduan ada tindak lanjut sehingga tidak berputar disistem saja dan belum tentu teknisnya menyelesaikan,  tambahnya.

Kepala Seksi Pelayanan Informasi Publik dan Penguatan Sumber daya Komunikasi Publik, Sri Rezeki Marietha yang juga sebagai admin SP4N LAPOR mengatakan, bahwa kedepan setiap perangkat daerah akan menetapkan Unit Pengelola Pengaduan ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala Perangkat Daerah. Ranah Diskominfo hanya sebatas sebagai penghubung.

Pada kesempatan itu Faisal juga menyerahkan Laporan pemantuan SP4N LAPOR tahun 2020 kepada Ketua ORI Kaltim. (WIN)