Berita

Sembiring Pastikan Semua Armada Mudik Siap Beroperasi

  •   prabawati
  •   19 April 2022
  •   12:58pm
  •   Berita
  •   329 kali dilihat

Samarinda - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur AFF Sembiring menegaskan semua armada termasuk kendaraan angkutan umum siap dioperasikan selama mudik lebaran 2022.

"Mudik lebaran ini kita akan maksimalkan semua armada, karena sudah dua tahun lebih tidak ada mudik lebaran, kemungkinan ada lonjakan penumpang yang ada baik mudik maupun yang balik,"terang Sembiring saat dikonfirmasi di Masjid Nurul Mu'minin Pemprov Kaltim Jalan Jenderal Sudirman Samarinda, Senin (18/4).

Sembiring mengatakan pihaknya telah melakukan inspeksi keselamatan atau Ramp Check terhadap sejumlah angkutan umum di Balikpapan guna memeriksa keamanan dan kelayakan transportasi dalam rangka persiapan angkutan mudik lebaran di Kalimantan Timur.

Lebih lanjut Sembiring memastikan, kesiapan armada transportasi yang dimiliki saat ini sudah mencapai 80 persen sedangkan 20 persen lainnya tidak bisa bergerak kemungkinan karena sedang di bengkel.

Sementara untuk kuota, Sembiring menjelaskan tidak membatasi jumlah penumpang yang ingin menggunakan angkutan umum, khususnya untuk mudik lebaran.

"Rencananya kita tidak membatasi angka. Begitu penuh, berangkat jadi sifatnya lebih kejar bola. Jangan sampai ada masyarakat yang kekurangan armada mudik Lebaran kali ini di semua terminal,"pintanya.

Dirinya juga menyebutkan terdapat ketentuan lain untuk mudik menggunakan angkutan umum ialah tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) serta memeriksa kesehatan para pengemudi.

"Kemarin saya temukan beberapa supir ada yang usia 60. Karena sudah dievaluasi yang bersangkutan masih mampu melayani angkutan dalam kota, nah kalau mengangkut antar kota harus segera dievaluasi," tegasnya.

Untuk itu kedepan dirinya meminta para pengemudi bisa memenuhi syarat berkendara seperti SIM dan surat lainnya serta memenuhi sarana penunjang lain guna keamanan dan keselamatan penumpang.

Sementara peningkatan arus mudik saat ini, menurutnya sudah terlihat dimana 3 minggu sebelum lebaran sudah ada yang mudik. (Prb/ty).