Berita

Sembilan Sekda Presentasi Digital Leadership di ADLGA 2024

  •   Khajjar Rohmah
  •   28 Juni 2024
  •   7:55am
  •   Berita
  •   199 kali dilihat

Jakarta - Tahapan akhir dari ajang ASKOMPSI Digital Leadership Government Award tahun 2024 telah dilaksanakan. Tahapan akhir ini menghadirkan para finalis untuk melakukan pemaparan presentasi digital leadership di hadapan dewan juri. 

ADLG Award garapan Asosiasi Dinas Kominfo Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi) ini telah digelar rutin selama tiga tahun. Dalam sambutannya, Tenaga Ahli Menteri Dalam Negeri Suhajar Diantoro mengapresiasi penuh kegiatan ADLGA 2024. 

“Kami apresiasi dan tentu saja mendukung penuh kegiatan ADLGA ini yang diselenggarakan oleh ASKOMPSI untuk ketiga kalinya di tahun 2024,” katanya saat membuka kegiatan Paparan Finalis ADLG Award di Double Tree Hilton Cikini Jakarta, Kamis (27/6/2024). 

Mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri ini menekankan bahwa Sekretaris Daerah (Sekda) memiliki peran vital dan strategis dalam implementasi mewujudkan pemerintahan digital di Indonesia. Di samping itu, posisi Sekda sebagai ketua koordinator SPBE, juga menjadi instrumen penting dalam memimpin dan memainkan orkestra digital di pemerintah daerah. 

"Kita membutuhkan para Sekda yang mempunyai mindset bagus dan pemahaman yang baik tentang dgitalisasi sehingga dapat mempercepat proses transformasi digital di pemerintahan," lanjutnya serius.

Sementara itu, Ketua ASKOMPSI Muhammad Faisal mengatakan bahwa kegiatan ini berlangsung sehari penuh. Dimana masing-masing tiga besar Sekda Provinsi, Kabupaten, dan Kota mempresentasikan materinya di hadapan dewan juri. 

Sembilan Sekda tersebut dari tingkat provinsi di antaranya adalah Sekdaprov Jawa Tengah Sumarno, Sekdaprov Yogyakarta, Beny Suharsono dan Sekdaprov Lampung, Fahrizal Darminto. 

Sedangkan dari tingkat kabupaten adalah Sekda Gresik Achmad Washil MR, Sekda Tranggalek, Edy Soepriyanto dan Sekda Pekalongan, M. Yulian Akbar. Kemudian dari tingkat kota ada Sekda Mojokerto, Gaguk Tri.P, Sekda Cimahi, Dikdik S.N dan Sekda Balikpapan, Muhaimin. 

“Terima kasih atas kepercayaan Kemedagri yang telah tiga tahun ini selalu mendukung dan mensupport penuh ADLGA ini. Selamat dan sukses untuk para Sekda yang sudah berhasil memasuki tahapan presentasi hari ini, semoga bisa menyampaikan hal yang terbaik yang telah diperbuat untuk percepatan transformasi digital kepada Dewan Juri,” kata Faisal yang juga merupakan Kepala Diskominfo Kaltim ini.

Hadir langsung sebagai Dewan Juri di antaranya Dr. Andi Yuniantoro, S.SI, MSi dari Inixindo Yogyakarta, Prof.DR. Agus Heruanto Hadna dari UGM, DR. Gerry Firmansyah ST, M.Kom Direktur Eksekutif Wantiknas, DR. Ucup Hidayat, SSi, MM dari Dirjen Bangda Kemendagri dan Teddy Sukardi dari IKTII.

“Tadi secara bergiliran masing-masing Sekda mempresentasikan paparannya dan dialog tanya jawab dihadapan Dewan Juri dengan waktu 35 menit. Setelah ini tentu saja Dewan Juri akan menentukan urutan pemenang yang akan diumumkan pada 1 Agustus 2024 mendatang di panggung arena DTI-CX 2024 di JCC Jakarta,” lanjutnya kepada awak media. (Mf/krv/pt)