Berita

Rehabilitasi Magrove Jadi Salah Satu Agenda HPN Tahun 2022

  •   Bagus Setiawan
  •   24 Januari 2022
  •   3:47pm
  •   Berita
  •   339 kali dilihat

Samarinda - Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 pada 9 Februari mendatang di adakan di Sulawesi Tenggara (Sultra). Rehabilitasi mangrove akan menjadi salah satu agenda rangkaian HPN yang akan melibatkan 9 Gubernur yang memiliki wilayah mangrove terluas.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia  ( LHK )  Siti Nurbaya Bakar pada kamis (20/1) di acara workshop Nasional Percepatan Rehabilitasi Mangrove di Hotel Indonesia, Jakarta.

Menteri LHK mengatakan Indonesia memiliki wilayah mangrove seluas 3,36 juta hektar (Data Peta Mangrove Nasional 2021) dapat berpotensi menjadi pencegah abrasi laut, mencegah tsunami dan menjadi objek wisata alam.

"Dari sisi fisik, mangrove berakar dan batangnya kokoh mampu mencegah bahaya tsunami, ombak dan abrasi laut,"kata Siti dikutip dari web PWI Humas HPN 2022.

Penyusunan Draf kesepakatan bersama 9 Gubernur dalam percepatan rehabilitasi mangrove yang akan mengikuti acara rangkaian HPN 2022 Sultra, Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Kalimantan Utara, Provinsi Sumatra Utara, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Papua dan Papua Barat. (Bgs/ty)