Berita

Puncak HPN 2022, Silaturahmi dan Penyatuan Semangat Hingga Apresiasi Pelaku Industri Pers

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   9 Februari 2022
  •   3:16pm
  •   Berita
  •   337 kali dilihat

Kendari – Hari Pers Nasional (HPN) merupakan ajang silaturahmi dan penyatuan semangat serta pemikiran agar pers tanah air bisa terus hidup dan tumbuh.

Setelah beberapa hari rangkaian kegiatan telah dilakukan, maka tepat pada 9 Februari puncak HPN 2022 dilaksanakan penuh dengan suasana hangat meskipun secara virtual dan langsung dari pelataran Masjid Terapung Al-Alam Kendari, Selasa (9/2/2022).

Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi yang hadir secara langsung pada acara tersebut menuturkan keberadaan pers sangat startegis sebagai pilar keempat demokrasi dan sumber informasi. Pers sangat berperan dalam memberikan masukan kepada Pemerintah dan pemberdayaannya sangat dibutuhkan. Karena pers mitra utama dalam melaksanakan kebijakan pembangunan daerah.

“Kami bersahabat dengan pers karena Pemda memiliki keterbatasan dalam menyampaikan informasi seputar pembangunan daerah di segala bidang. Terima kasih untuk pers yang secara konsisten menginformasikan perkembangan dan pembangunan daerah termasuk saran dan kritikan. Pers mendorong partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi. Mendorong masyarakat untuk hidup sehat selama pandemi serta membantu menyukseskan kegiatan vaksinasi,” jelas Ali Azi menambahkan.

Pada puncak HPN 2022 ini juga diberikan Anugerah Jurnalistik Adinegoro kepada insan pers yang terbagi ke dalam enam kategori. Yakni, kategori Media Cetak diraih oleh Tim Harian Kompas dengan judul “Berbahaya, Masker Medis Palsu Beredar di Masyarakat”. Kategori Media Siber diraih oleh Tim IDN Times dengan judul “Bertaruh Nyawa, Berjuang Melawan Ganasnya COVID-19”. Kategori Televisi diraih oleh TIM CNN Indonesia TV dengan judul “Menghapus Mereka yang Mati”.

Kategori Radio diraih oleh Tim RRI Sintang dengan judul “Oksigen Terakhir untuk Ayah”. Kategori Foto Berita diraih oleh Sigid Kurniawan dari LKBN Antara dengan judul “Ganda Putri Indonesia Raih Emas Olimpiade”. Kategori Karikatur diraih oleh Ashady dari JPNN.com dengan judul “Kritiklah Daku”.

Kemudian, dilakukan juga penyerahan Penghargaan Anugerah Kebudayaan yang diberikan kepada sembilan orang kepala daerah, yaitu Wali Kota Padang Panjang, Bupati Magetan, Bupati Lamongan, Bupati Indramayu, Bupati Sumbawa Barat, Wali Kota Bengkulu, Wali Kota Surakarta, Bupati Buton dan Bupati Lamandau.

Penghargaan Press Card Number One juga diberikan kepada 30 orang wartawan yang karyanya diakui tingkat nasional dan internasional, yang diwakili oleh lima orang penerima yaitu C. Herry SL, Suprapto, Ramon Damora, Mahmud Matangara dan Syafruddin Pernyata.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan Penandatanganan nota kesepahaman antara Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang ditandatangani oleh Ketua Umum (Ketum) PWI Pusat, Atal S. Depari dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

Selain itu juga dilanjut penandatanganan MoU antara PWI dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), PT Astra International Tbk dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia serta MoU antara Dewan Pers dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). (cht/pt)