Berita

Puncak Arus Mudik Di Bandara APT Pranoto Diprediksi 29-30 April

  •   prabawati
  •   28 April 2022
  •   9:58am
  •   Berita
  •   458 kali dilihat

Samarinda - Puncak arus mudik diprediksi lebaran Idul Fitri 1433 Hijriyah di Bandara APT Pranoto Samarinda pada 29 hingga 30 Apr 2022.

"Prediksi kami sekitar tanggal 29-30 sesuai dengan cuti bersama," sebut Kepala UPBU Bandara APT Pranoto Agung Pracayanto saat menjadi narasumber pada dialog mudik sehat, mudik aman selamat belum lama ini.

Lonjakan penumpang pada tahun ini mungkin akan terasa pada tahun ini karena ada pelonggaran, maka masyarakat menggunakan kesempatan tersebut untuk mudik karena sudah dua tahun belum mudik lebaran.

Dirinya menyebutkan jumlah penumpang angkutan udara di Bandara APT Pranoto per hari bisa mencapai 2.500 hingga 2.700 orang.

"Sebelum pelonggaran penumpang hanya 1.800 orang per hari dan tahun ini meningkat per hari capai 2.500 orang,"ucapnya.

Dirinya juga menceritakan pengalaman tahun 2019 dimana jumlah penumpang angkutan udara menembus 3.500 lebih.

Tercatat bahwa Surabaya dan Jakarta menjadi kota dengan rute tujuan penerbangan terbanyak.

Angung meminta masyarakat saat melakukan mudik lebaran dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat. Selain Prokes yang ketat masyarakat juga perlu mendownload PeduliLindungi.

Selain itu, pihaknya juga sudah mendirikan posko terpadu tujuh hari menjelang Idul fitri 1443 Hijriyah sebagai bagian dari persiapan arus mudik Lebaran. Posko ini dibuat untuk menyiapkan gerai vaksin bagi para calon penumpang di bandara.

Dirinya berharap, kehadiran maskapai yang berada di bawah manajemen Lion Grup ini, dikatakannya memberikan kemudahan bagi warga Kaltim yang akan pulang kampung menjelang lebaran. (Prb/ty)