Berita

Prodi Kesling UMKT Gelar Diskusi Ilmiah dan Alumni

  •   pipito
  •   23 Agustus 2022
  •   12:09pm
  •   Berita
  •   364 kali dilihat

Samarinda- Program Studi (Prodi) Kesehatan Lingkungan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) menggelar Diskusi Ilmiah dan Temu Alumni. Kegiatan yang dipandu langsung oleh Muhammad Habibi, S.KM., M.KL yang merupakan dosen muda Prodi Kesehatan Lingkungan UMKT, bertempat di Aula Gedung E UMKT pada baru-baru ini.

Dirangkai dengan diskusi ilmiah tentang pengelolaan sampah. Adapun  narasumber Hj. Noor Utami selaku Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaltim, Ketua HAKLI Prov. Kalimantan Timur Nur Khasanah dan Alumni SPPH Drs. Usman Sanusi dan Sahrani Jedi.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen kepedulian prodi kesehatan lingkungan UMKT terhadap perkembangan kesehatan lingkungan di Samarinda dan Kalimantan Timur. Diikuti oleh banyak unsur penggiat kesehatan lingkungan.

Peserta alumni yaitu 80 org sebagai ketua normalina dari 3 angkatan SPPH(D1 Kesehatan Lingkungan) alumni th 1985/86/87 yg mana alumni telah berkiprah sesuai tugas nya masing2 di seluruh Kaltim yg pada masanya masih bergabung dg Kaltara. Hadir sebagai mahasiswa prodi D3 Kesehatan Lingkungan UMKT, S1 Kesehatan Lingkungan UMKT, para alumni D3 Kesehatan Lingkungan UMKT, Alumni SPPH tahun 1998 dan sebelumnya, Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Prov. Kalimantan Timur, Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kaltim, PKM Damai, PKM Berau, PKM Sidomulyo, DPMPO, Puskesmas Loa Kulu, RSUD AWS, Poltekkes Samarinda, PKM Paser, Dinas Kesehatan Paser, Dinas Kesehatan Kukar, DINKES Kutim, Balikpapan dan Bontang.

Kegiatan ini merupakan terjalinnya kegiatan bersama antara mitra, akademisi dan alumni untuk program kesehatan lingkungan dalam mendukung kampus merdeka belajar dan kampus mengajar dibawah naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat, program Studi D3 dan S1 Kesehatan Lingkungan dan Mitra siap bersinergi untuk maju bersama mewujudkan visi UMKT yaitu Berwawasan, Berkarakter dan Berkemajuan.

Dalam kesempatan tersebut Dinas Lingkungan Hidup Kaltim melalui narasumber Hj. Noor Utami, ST.,M.Si Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B mengingatkan agar terus dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pengelolaan sampah yang baik dan benar.

“Kita harus sadar betapa pentingnya Program Sosialisasi Pengelolaan Sampah ini, untuk reduksi pengurangan sampah Samarinda menuju Adipura," terang Hj. Noor Utami.

Diketahui, Kegiatan ini diinisiasi oleh alumni dan prodi D3 kesehatan lingkungan dalam mendukung pembelajaran Kampus Merdeka sehingga mampu bersinergi dengan mitra. (pt)

 

Foto:IST