Berita

Presiden Minta Seluruh Kepala Daerah Awasi Disiplin Prokes

  •   Chitanichinta
  •   6 Januari 2021
  •   1:31pm
  •   Berita
  •   325 kali dilihat

Samarinda— Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas dengan para Gubernur terkait penanganan pandemi Covid-19 di Istana Negara dan melalui daring, Rabu (6/1/2021). Jokowi menekankan kunci dalam menangani permasalahan itu adalah kerja keras agar dapat mengendalikan dan menghentikan Covid-19.

Jokowi menyinggung beberapa negara yang melakukan lockdown karena penyebaran virus Corona yang masif. Seperti yang diketahui, tiga hari lalu Bangkok lockdown, Tokyo dinyatakan dalam keadaan darurat, London juga lockdown, kemudian juga di seluruh Inggris lockdown karena penyebaran Covid yang sangat eksponensial.

Berkaca dari pengalaman negara-negara tersebut, Jokowi tidak ingin Indonesia pun melakukan hal yang sama karena penyebaran virus yang tidak terkendali. Kepala Daerah terutama, diminta untuk lebih memperketat pengawasan disiplin terhadap protokol kesehatan. Jokowi menyebut saat ini tingkat disiplin protokol kesehatan terlihat rendah. Oleh sebab itu, semua harus bekerjasama dan bekerja keras melakukan 3T dan 3M.

“Kita betul-betul harus kerja keras, kerja mati-matian agar 3T, 3M itu betul-betul bisa kita lakukan di lapangan. Sekali lagi di lapangan, karena dari survei yang kita lakukan sekarang ini motivasi disiplin terhadap prokes masyarakat itu berkurang, pakai masker, cuci tangan, jaga jarak ini berkurang. Oleh sebab itu, saya minta para Gubernur agar menggencarkan kembali masalah yang berkaitan dengan kedisiplinan prokes," tuturnya. (cht/as).