Berita

Pentingnya Pengelolaan Arsip Sebagai Kekuatan dan Alat Bukti Hukum

  •   Hendra Saputra
  •   19 Juli 2022
  •   4:32pm
  •   Berita
  •   1477 kali dilihat

Samarinda - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Arsip Vital Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2022.

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Kaltim H. Hadi Mulyadi, dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltim M. Syafranuddin. Adapun sebagai narasumber dari Arsip Nasional RI (ANRI), Rudi Anton. Diikuti Pengelola Arsip pada Perangkat Daerah (PD) di Lingkungan Pemprov Kaltim, bertempat di Hotel Harris Samarinda, Selasa (19/07/2022).

Wagub Hadi dalam sambutannya menyampaikan seperti halnya terkait arsip, bukan sekedar arsip penting bahkan arsip yang dengan kehidupan keluarga.

“Anak saya itu saya lengkapi semua karena bagi saya bukan hanya sekedar untuk menyimpan dokumen penting, tapi juga bagian dari pendidikan anak - anak kita. Sehingga, semua dokumen anak - anak saya tertata dengan rapi, “tuturnya menceritakan.

Ditegaskan Wagub Arsip menjadi penting sebagai kekuatan hukum khususnya di Pemerintahan, terkait dengan keberadaan aset yang dimiliki.

Rudi Anton  selaku  Direktur Kearsipan Daerah I Arsip Nasional RI  menyampaikan dalam paparannya mengenai pasal 1 angka 2 UU No. 43 tahun 2009 tentang kearsipan.  Dimana arsip merupakan rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan juga bernegara.

Lanjutnya, adapun tujuan penyelenggaraan kearsipan diantaranya adalah menjamin ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya sebagai alat bukti yang sah.

“Menjamin perlindungan kepentingan negara dan hak - hak keperdataan rakyat melalui pengelolaan dan pemanfaatan arsip autentik dan terpercaya, “ungkapnya. (hend/pt)