Berita

Penganugerahan Duta Bahasa Kaltim Kaltara 2022 , Teladan Pelestari Literasi dan Bahasa

  •   Sefty Wulandari
  •   2 Juli 2022
  •   7:34am
  •   Berita
  •   635 kali dilihat

Samarinda - Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara kembali dilaksanakan. Momen penganugerahaan kepada generasi muda yang terpilih sebagai mitra pembinaan kebahasaan dan kesastraan tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Victoria, Jalan Letjend S. Parman, Samarinda, Jumat (01/07/2022).

“Ajang tahunan ini bertujuan untuk melahirkan generasi muda yang memiliki sikap positif dalam artian bangga dengan Bahasa Indonesia yang menjadi Bahasa Persatuan kita,” jelas Halimi selaku Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur.

Tak hanya itu, Halimi pun menyampaikan peran Duta Bahasa dalam menumbuhkan spirit untuk mewujudkan Tri Gatra Bangun Bahasa yakni mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah dan kuasai bahasa asing.

“Rekan-rekan Duta Bahasa diharapkan dapat menjadi percontohan bagi generasi muda lainnya untuk mencintai Bahasa Negara dan menumbuhkan spirit Tri Gatra Bangun Bahasa. Oleh karenanya, mereka pun nantinya akan terus aktif terlibat dalam berbagai program dan kegiatan yang sifatnya dekat dengan masyarakat,” tambahnya.

Adapun tahapan pemilihan Duta Bahasa dimulai sejak April hingga Juni 2022. Tahap pertama diikuti oleh sebanyak 108 peserta yang mendaftarkan diri dan dilanjutkan seleksi berkas yang meloloskan 58 peserta untuk mengikuti seleksi tahap 2 (dua), kemudian tes wawancara dan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

Peserta yang lolos ke tahap final sebanyak 20 orang yang berasal dari berbagai daerah di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Sebelum mengikuti tahap final, para finalis mendapatkan berbagai pembekalan dari kantor bahasa provinsi Kalimantan Timur dan Ikatan Duta Bahasa yakni kebahasaan, pengembangan diri, keorganisasian, serta bahasa dan budaya daerah Kaltim, urainya.

Antusiasme para peserta yang mengikuti ajang ini pun meningkat. Hal ini disampaikan oleh Evi Melila Sari selaku Ketua Panitia Kegiatan. Meski masih di suasana pandemi dan terdapat kendala jarak mengharuskan sebagian peserta untuk mengikuti rangkaian proses seleksi via daring dan sebagia secara luring.

“Hal tersebut tidak menyurutkan semangat para peserta. Mereka berkomitmen untuk terus megikuti proses seleksi hingga pengumuman akhir. Spirit yang luar biasa ini menandakan gairah generasi muda untuk berperan serta dalam pelestarian bahasa dan pengutamaan penggunaannya,” ujar Evi

Muhammad Abby dan Tiffanisia Ping dinobatkan sebagai pasangan Pemenang I Duta Bahasa Provinsi Kalimantan Timur dan Utara tahun 2022 setelah berbagai proses seleksi yang dijalani. Pemuda dan Pemudi ini mengaku sangat bahagia dan merasa bertanggung jawab atas gelar serta amanah yang diberikan kepada keduanya.

“Tidak menyangka, namun tentu saja amat sangat senang dapat terpilih dan diberikan kepercayaan serta tanggung jawab yang besar ini. Dengan terpilihnya kami sebagai representatif kami akan terus aktif terutama dalam menggalakkan literasi bahasa,” ungkap Tiffani.

“Jerih payah yang telah dilalui Alhamdulillah membuahkan hasil. Perjalanan tidak hanya berheni disini, tetapi justru masih harus berlanjut . harapannya kedepannya kami dapat mengaplikasikan kompetensi dan terus meningkatkan kapabilitas diri sebagai percontohan di masyarakat, generasi muda utamanya,” sambung Abby.

Terpilihnya Duta Bahasa Kaltim Kaltara 2022 pun diharapkan dapat memberi kontribusi nyata untuk perkembangan bahasa, sastra, dan literasi di Bumi Etam. (sw/pt)

Adapun daftar pemenang dalam pemilihan Duta Bahasa Kaltim Kaltara ini diantaranya :
(Kategori Putra)
Pemenang I : Muhammad Abby
Pemenang II : Octavianus Kalistus
Pemenang III : Andy Saputera
Pemenang Favorit : M. Ramadhan Nur

(Kategori Putri)
Pemenang I : Tiffanisia Ping
Pemenang II : Sonya Soraya Ghazlina
Pemenang III : Septy Natasya Dau
Pemenang Favorit : Tiffanisia Ping