Berita

Pemkab Paser Sosialisasikan SPBE Menuju Smart City

  •   Ade Putri
  •   8 Mei 2024
  •   8:28pm
  •   Berita
  •   209 kali dilihat

BALIKPAPAN - Pemerintah Kabupaten Paser menggelar sosialisasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan tema Sinergi Pengelolaan TIK dalam Upaya Akselerasi Transformasi Digital Menuju Paser Smart City di Ballroom Swiss-Belhotel Balikpapan, Rabu (8/5/2024).

Hadir dalam kegiatan ini adalah Kepala Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser Katsul Wijaya, Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Paser, Arief Rahman, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Paser.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser, Katsul Wijaya, menjelaskan bahwa tujuan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan efektivitas implementasi SPBE, terutama dalam menghadapi transisi kepemimpinan di Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Paser.

Di tempat yang sama Muhammad Faisal selaku Kepala Diskominfo Kaltim, menekankan bahwa digitalisasi bertujuan untuk memperbaiki pelayanan publik.

Dirinya juga mendorong peserta sosialisasikan untuk meningkatkan pemahaman digital dan kualitas pengumpulan data guna mendukung pengambilan keputusan yang akurat.

Faisal optimis bahwa dengan kesadaran digital yang semakin meningkat di kalangan pemerintah, efisiensi dalam berbagai aspek, termasuk waktu dan biaya, dapat tercapai.

Selain itu, sosialisasi ini juga akan memberikan penilaian mengenai konsep Smart City kepada berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Harapannya, dengan 47 indikator yang disampaikan, OPD dapat mengidentifikasi langkah-langkah yang diperlukan untuk mewujudkan visi Smart City. (Ade/pt)