Berita

Peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu, KPU Kaltim Gelar Nobar

  •   Rizky Kurniawan
  •   15 Februari 2022
  •   12:26pm
  •   Berita
  •   495 kali dilihat

Samarinda - Sehubungan dengan telah ditetapkannya Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2022 tentang Hari dan Tanggal Pemungutan Suara pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, anggota Dewan Perwakilan Rakyat, anggota Dewan Perwakilan Daerah, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten/Kota Serentak Tahun 2024 dan Launching Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024, KPU Provinsi Kaltim menggelar acara nonton bersama kegiatan Peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024 bertempat di Aula Kantor KPU Provinsi Kaltim, Senin (14/2).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024. Pesta demokrasi serentak dua tahun mendatang itu akan jatuh pada Senin, 14 Februari 2024.

"Dengan peluncuran ini kami mengajak masyarakat lebih waspada dengan Pemilu 2024, sehingga bisa ikut berpartisipasi untuk sukses pemilu. Kami berkomitmen untuk mewujudkan pemilu yang jujur, adil dan bermartabat, serta aman dan damai," tegas KPU Ilham Saputra dari Kantor KPU di Jalan Imam Bonjol Jakarta.

Untuk itu KPU akan berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan. Mereka juga akan melakukan persiapan terkait anggaran. Anggaran yang oleh beberapa pihak disebut masih besar, menurut Ilham Saputra bisa dinegosiasikan.

Menurutnya, hasil pemilu akan menentukan nasib bangsa lima tahun setelah 2024. Indonesia memerlukan pemimpin dan wakil rakyat yang memiliki niat tulus untuk menyejahterakan rakyat.

"Untuk itu, maka tentu harus dimulai dengan penyelenggaraan pemilu yang baik, bersih, jujur, adil dan bermartabat," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) H Sufian Agus yang mewakili Wakil Gubernur Kaltim menghadiri peluncuran pesta demokrasi di Kantor KPU Provinsi Kaltim. Dia menegaskan bahwa Badan Kesbangpol Kaltim akan hadir dalam setiap tahapan Pemilu Serentak itu.

"Pemprov Kaltim melalui Badan Kesbangpol akan selalu ikut dalam tahapan Pemilu Serentak ini. Kami harus memastikan semua berjalan lancar dan Kaltim tetap kondusif," ujarnya.

Peluncuran dilakukan secara offline dan online oleh KPU se-Indonesia. Hadir pula jajaran Bawaslu dan Forkopimda, para pimpinan partai politik di tingkat nasional dan daerah serta para pejabat kementerian terkait.

Tampak hadir sebagai tuan rumah Ketua KPU Kaltim Rudiansyah dan jajaran Forkopimda Kaltim.