Berita

Pelaksanaan Survei Kesadaran Keamanan Siber

  •   Hendra Saputra
  •   17 Juli 2024
  •   7:06pm
  •   Berita
  •   88 kali dilihat

Jakarta - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melakukan Pelaksanaan Survei Kesadaran Keamanan Siber secara daring melalui online zoom meeting, Rabu (17/7/2024).

Kegiatan ini menghadirkan salah seorang narasumber dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Indy R.

Dalam kesempatan tersebut Indy menjelaskan, "mengenai Instrumen SKKS meliputi variabel keamanan siber teknis dan keamanan siber sosial. Tujuannya: mengidentifikasi dan menggambarkan kondisi kesadaran keamanan siber di Indonesia, serta memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang tingkat kesadaran individu terhadap ancaman siber."

Terdapat dua layanan SKKS, yaitu penilaian Individu dan Organisasi, Individu Setiap individu dapat melakukan penilaian SKKS secara mandiri dan memperoleh e-certificate yang mencantumkan hasilnya.
Sedangkan Organisasi Instansi pemerintah pusat dan daerah dapat melakukan pengajuan dan koordinasi asistensi layanan SKKS.

BSSN akan melakukan pemantauan selama proses pelaksanaan SKKS pada instansi. BSSN kemudian akan memberikan laporan hasil pengukuran dan laporan rekomendasi.

Survei Kesadaran Keamanan Siber (SKKS) merupakan salah satu langkah BSSN dalam mendukung upaya peningkatan budaya keamanan siber melalui pengukuran tingkat kesadaran keamanan siber masyarakat Indonesia terutama di wilayah Provinsi Kalimantan Timur. (hdr/dfa)