Berita

Pameran HPN Expo 2022 di Samarinda Resmi di Buka, Berbagai UMKM Ikut Ambil Bagian

  •   Hendra Saputra
  •   19 Agustus 2022
  •   9:47pm
  •   Berita
  •   1538 kali dilihat

Samarinda - Gelaran Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Expo 2022 resmi dibuka oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor, di Convention Hall Gelora Kadrie Oening, Sempaja Samarinda, Jumat (19/08/2022).

Acara yang digagas oleh HPN pusat bekerja sama dengan Pengurus Wilayah HPN Kalimantan Timur (Kaltim) ini, digelar selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 19 - 21 Agustus 2022 dari pukul 10.00 - 22.00 wita, dan diikuti oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Diantara Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdapat di HPN Expo tersebut yaitu seperti penjual pakaian pria, wanita dan pakaian daerah seperti batik, makanan ringan dan minuman, wedding organizer, serta kerajinan lainnya dan juga Perangkat Daerah (PD) dan instansi di lingkungan  Prov. Kaltim.

Ketua Panitia Pelaksana  HPN Expo 2022, Tya Subyakto saat ditemui menyambut baik dan sangat bersyukur sekali HPN nasional ini diadakan di Samarinda Kaltim.

“ Pagelaran Expo HPN 2022 kali ini merupakan even expo yang pertama di Indonesia dan mudah - mudahan nanti empat bulan kedepan pindah - pindah provinsi. Kemudian, event ini merupakan ajang bagi para pelaku UMKM khususnya di Kota Samarinda dan Provinsi luar berkumpul dan mudah - mudahan 3 (tiga) hari kedepan ini lebih ramai lagi dan omset penjulan mereka lebih baik,”terangnya.

Tya menuturkan jumlah stand yang mengikuti Expo HPN 2022 berjumlah 240 stand, dimana pada awalnya 300 Stand. Namun, karena ada kendala dari Provinsi di luar Kaltim yang berhalangan hadir karena keterbatasan seperti jarak dan juga pandemi covid yang mengharuskan booster dan masalah lain sebagainya sehingga ada beberapa provinsi yang tidak hadir.

Lanjutnya mudah - mudahan nanti masyarakat milenial ini UMKM  yang benar bisa mensuport untuk kebangkitan UMKM indonesia.

Rizki Kurniawan  salah seorang pengiat UMKM dibidang pakaian thrifting saat ditemui di standnya menjelaskan ada beberapa barang yang dijual di expo kali ini. Lanjut pria yang memiliki tempat usaha bernama Nukarkuy menerangkan adapun jenis barang seperti pakaian pria, celana, topi sepatu dan sweater dengan harga relatif terjangkau mulai dari harga 100 hingga 350 ribu.

Selain itu, Temmy Nurahmasari  S.Pd. AUD  yang merupakan penjaga Stand ikut juga memeriahkan Expo HPN 2022. Salah satunya organisasi kepemudaan mulai DPD PIM Kaltim hingga DPC PIM (Perempuan Indonesi Maju) Samarinda. Dengan menyuguhkan barang- barang yang dijual, diantaranya. tas - tas kerajinan, fashion.

“Juga ada stand UMKM center yang tergabung di DPP ini, dengan menjual kuliner dan berbagai jenis makanan amplang, brem,  bahkan jamu juga ada kue ilat sapi, kripik, empe - empe, mihun, ada air mineral juga yang kebetulan DPC PIM Samarinda ini juga memiliki komunitas lagi PERCAYA yaitu perempuan cinta kebaya, makanya itu ada air kemasan PERCAYA dari komunitas perempuan cinta kebaya itu tadi,” urainya.

Dengan harapan semoga gelaran Expo HPN 2022 bagi UMKM kedepannya dapat terselenggara dengan rutin.

Diketahui, Diskominfo Kaltim Prov. Kaltim juga turut berpartisipasi dalam agenda ini . (hend/pt)