Berita

Mini Ranch Untuk Penyediaan Daging Berkelanjutan

  •   Teguh Prasetyo
  •   4 April 2022
  •   3:02pm
  •   Berita
  •   425 kali dilihat

Balikpapan – Rapat Koordinasi Teknis Daeah (RAKONTEKDA) yang dilaksanakan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provisi Kalimantan Timur dengan tema ‘Mewujudkan Peternakan dan Kesehatan Hewan yang Maju, Mandiri dan Modern untuk Ketahanan Pangan Asal Ternak dan Kesejahteraan Masyarakat Kalimantan Timur yang Berdaulat’, bertempat di Hotel Gran Senyiur Balikpapan, belum lama ini.

Rakontekda dibuka oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor, setelah dibuka secara resmi acara dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen dan penyerahan secara simbolis dari perwakilan perusahaan tambang kepada Gubernur Kaltim sebanyak 123 ekor sapi.

"Program dan kegiatan pembangunan Peternakan Kaltim diarahkan mendukung pengembangan Mini Ranch untuk penyediaan daging yang berkelanjutan," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim, Munawwar.

Selanjutnya, DPKH Provinsi Kaltim akan melakukan Kembali Kerjasama dengan 11 Perusahaan PKP2B dan 7 perusahaan IUP, sesuai dengan pernyataan komitmen yang dilakukan oleh perwakilan dari PT. KPC dan PT. Alamjaya Bara Pratama secara langsung dihadapan Gubernur Kaltim.

Salah satu terobosan yang telah dilakukan dalam mendukung tercapainya peningkatan populasi Sapi adalah tindak lanjut Pergub 50/2018 tentang Penataan Pemberian Izin dan Non Perizinan di Bidang Pertambangan, Kehutanan dan Perkebunan Kelapa Sawit di Provinsi Kaltim "Lebih dikenal dengan sapi komitmen," sebutnya.

Narasumber pada Rakontekda adalah Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang diwakili oleh Sekretaris Ditjen PKH, Makmun Junaidin, serta Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Kementan RI yang diwakili oleh Subkoordinator Pengembangan Pemasaran, Andri Hanindyo Wibowo.

Dilanjutkan oleh anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Sapto Setyo Pramoni dan dari Kepala Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam Bappeda Provinsi Kalimantan Timur, Hidayanti Darma.

Rakontekda kali ini juga diadakan penandatanganan komitmen dari kabupaten / kota yang membidangi peternakan untuk melakukan sinergitas dan penyelarasan pelaksanaan program kegiatan sehingga meningkatkan kinerja pembangunan peternakan yang berkualitas.(tp/pt)

Garis miring
Mini Ranch