Berita

Manajemen Risiko Bertujuan Menjamin Keberlangsungan SPBE

  •   Hendra Saputra
  •   17 Juli 2024
  •   2:21pm
  •   Berita
  •   78 kali dilihat

Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyelenggarakan FGD Pelaksanaan Sosialisasi Evaluasi SPBE Tahun 2024 di hari kedua.

Kegiatan ini menghadirkan salah seorang narasumber yaitu Tim Asesor Eksternal SPBE (KemenPANRB, 2018-2024), Soni Fajar Surya Gumilang, secara daring melalui zoom dan live streaming Youtube, Rabu (17/7/2024).

Dalam kesempatan tersebut Soni menjelaskan, materi Pemantauan dan Evaluasi SPBE, diantaranya yaitu pertama gambaran umum mengenai prinsip Penilaian Domain Manajemen, kedua Analisis kesenjangan yaitu perolehan indeks SPBE Tahun 2023, ketiga Elaborasi Pemahaman yaitu pemenuhan kriteria level indikator dan yang terakhir tindak lanjut yaitu saran dan rekomendasi tindak lanjut.

"Manajemen Risiko SPBE adalah pendekatan sistematis yang meliputi proses, pengukuran, struktur, dan budaya untuk menentukan tindakan terbaik terkait Risiko SPBE. Risiko SPBE merupakan peluang terjadinya suatu peristiwa yang akan mempengaruhi keberhasilan pencapaian tujuan SPBE," ungkap Soni.

Manajemen Risiko bertujuan menjamin keberlangsungan SPBE dengan meminimalkan dampak risiko SPBE. (hen/dfa)