Berita

Maknai Kemerdekaan dengan Bersatu Menjaga Keutuhan NKRI

  •   Sefty Wulandari
  •   17 Agustus 2022
  •   7:21pm
  •   Berita
  •   2767 kali dilihat

Maknai Kemerdekaan dengan Bersatu Menjaga Keutuhan NKRI

Samarinda – Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, yang ke-77 tahun diperingati diseluruh daerah di Tanah Air. Seperti halnya di Kalimantan Timur, Upacara Peringatan Hari Besar tersebut diselenggarakan di Gelora Kadrie Oening, Rabu (17/08/2022) pukul 09.30 WITA dan dihadiri ribuan peserta dari berbagai kalangan.

Salah satu Organisasi Masyarakat yakni Gerakan Masyarakat Anti Radikalisme (GEMAR) Kalimantan Timur pun turut hadir. Sekretaris GEMAR Kaltim, Sufyan Hadi menyampaikan Peringatan Kemerdekaan ini adalah momentum kembalinya kita pada Ibu Pertiwi dan mendalami kembali arti kemerdekaan secara khidmat.

“Alhamdulillah pada saat ini kami ikut serta dalam Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Hari ini kita kembali pada Ibu Pertiwi, merayakan momentum bersejarah dan bersama-sama menjaga keutuhan bangsa Indonesia,” ujar Sufyan menerangkan.

Diketahui GEMAR Kaltim merupakan Organisasi Masyarakat yang aktif dalam menyosialisasikan bahaya radikalisme di masyarakat. Seluruh elemen masyarakat harus memiliki jiwa nasionalisme dan menerapkan Bhinneka Tunggal Ika dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan.

Dalam kesempatan tersebut, Sufyan pun mengajak seluruh masyarakat untuk pahami pentingnya saling bahu membahu bersatu lawan aktivitas yang mengancam keutuhan NKRI.

“Tantangan bangsa dalam menjaga keutuhan RI dan memberantas radikalisme menurut kami ada pada rasa kepedulian dan kekompakan antar sesama. Semua memiliki peran, semua memiliki andil, sebab Radikalisme bukan hanya musuh pemerintah, polisi, ataupun pihak tertentu, namun kita semua, jadi diharapkan sinergi seluruh pihak,” tegasnya. (sw/pt)