Berita

Lima Putra-Putri Kaltim Ikuti Seleksi Paskibraka Nasional

  •   Khajjar Rohmah
  •   13 Juni 2024
  •   5:21pm
  •   Berita
  •   357 kali dilihat

Samarinda - Sebanyak lima pelajar Kalimantan Timur (Kaltim) terdiri dari tiga putra dan dua putri dikirim ke Jakarta untuk mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional Tahun 2024. 

Kelima pelajar tersebut di antaranya adalah Livenia Evelyn Kurniawan dari SMAK Santo Fransiskus Assisi Samarinda, Uqaila Nur Mahmudah dari SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang,  Gregorius Attara dari SMA Negeri 1 Sendawar Kutai Barat, Ananda Deni Pradana dari SMAN 4 Balikpapan, dan Sunnu Wahyudi asal SMKN 2 Sangatta utara, Kutai Timur.  

Mereka merupakan peserta terbaik dari 42 pelajar yang berhasil lolos dalam penjaringan Seleksi Calon Paskibraka Provinsi Kaltim Tahun 2024. Proses seleksi Paskibraka Kaltim telah dilakukan pada 13-17 Mei 2024.

Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Kesbangpol Kaltim, Syarifuddin Noor menjelaskan, kelima pelajar tersebut telah diberangkatkan ke Jakarta pada Minggu, 9 Juni 2024. Untuk mengikuti proses seleksi Paskibraka Nasional di bawah binaan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). 

"Kaltim memang diminta khusus oleh BPIP mengirim lima pelajar terbaik sebagai calon tim Paskibraka Nasional. Mungkin karena kita IKN, jadi mendapat keistimewaan," kata Syarif didampingi oleh Analis Kebijakan Ahli Muda Kesbangpol Kaltim, Eko susanto saat ditemui di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu. 

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia secara nasional, memang direncanakan digelar secara hybrid di dua lokasi. Yakni di Istana Negara Jakarta dan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Sehingga membutuhkan kapasitas tim Paskibraka Nasional yang lebih banyak. (KRV/pt)