Berita

Langkah Kaltim Dalam Menyambut IKN

  •   Bagus Setiawan
  •   15 Maret 2022
  •   11:22pm
  •   Berita
  •   839 kali dilihat

Samarinda - Ibu Kota Negara sudah di depan mata, akankah masyarakat Kalimantan Timur hanya menjadi penonton, tentunya harus ikut andil dalam pembangunan IKN. Pemerintah daerah tidak tinggal diam harus mengambil tindakan dengan mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang berkompeten.

Hal tersebut menjadi topik yang dibahas dalam acara dialog Publika di TVRI Kaltim, Selasa (15/03 ). Muhammad Faisal Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prov.Kaltim salah satu narasumber mengatakan masyarakat Kaltim merupakan prioritas pertama dalam hal apa saja, pariwisata, UMKM dan Pendidikan untuk ikut membangun IKN.

"Kesempatan kita besar sekali, saya selalu katakan kepada teman-teman, kemampuan orang yang pindah dari ibu kota Jakarta ke Kaltim, mereka sudah terbiasa bekerja dengan skala Ibukota, saya mengajak ayo kita tingkatkan kemampuan masyarakat Kaltim, selagi masih ada waktu," ujar Faisal.

Pemerintah Kaltim terus berupaya meningkatkan SDM dan SDA seperti pelatihan UMKM oleh Dinas Perdagangan Industri dan Koperasi, Pembinaan masyarakat Desa untuk mengelola Pariwisata oleh Dinas Pariwisata berstandar IKN, Peningkatan kemampuan Individu oleh Balai Latihan Kerja .

Bukan hanya itu saja pemerintah terus berbenah menyediakan fasilitas dan infrastruktur di berbagai Kabupaten/Kota untuk penyangga IKN, agar merata pertumbuhan perekonomiannya tambah Faisal.

"IKN Kaltim merupakan berkah, Kalau kita diam saja, tidak dapat kesempatan, harus bergerak maju," pesan mantan Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda. (Bgs/ty)