Berita

Kunjungi Expo Dekranas 2024, Iriana Belanja Berbagai Produk UMKM

  •   Rizky Kurniawan
  •   16 Mei 2024
  •   5:51pm
  •   Berita
  •   290 kali dilihat

Surakarta - Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) didampingi menantunya Selvi Ananda dan anggota Oase KIM saat mengunjungi Expo UMKM dalam rangkaian HUT ke 44 Dekranas di Pura Mangkunegaran Kota Solo, Kamis (16/5).

Kedatangan orang nomor tiga RI dan rombongan sekitar pukul 08.30 WIB kemudian berkeliling serta berbelanja di stand selama empat jam dan meninggalkan Pura Mangkunegaran sekitar pukul 12.00 WIB.

Dikutip dari laman detik.com, Selvi Ananda yang juga Ketua Dekranasda Kota Solo mengatakan ibu mertuanya dan rombongan Oase membeli berbagai produk seperti kain, kerajinan tangan berupa perhiasan dan tas.

"Belanja banyak, dari semua provinsi menampilkan kriyanya dan kerajinan terbaiknya yang dibawa ke sini. Tadi ibu-ibu Oase juga kalap," ungkap Selvi kepada awak media.

Tak mau ketinggalan, tampak isteri Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka itu juga membeli sejumlah produk seperti kain dari Bali, Tuban, dan berbagai aksesoris lainnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Dekranas Expo 2024, Loemongga Agus Gumiwang mengatakan semua produk yang ditampilkan dalam Expo ini merupakan produk terbaik di tiap provinsi se Indonesia.

"Semua belanja. Yang hadir di sini sudah terkurasi, semua binaan masing-masing dekranasda di tiap provinsi. Memang bagus-bagus sekali produknya," kata Loemongga.

Salah satu stan yang dikunjungi Iriana dan rombongan adalah produk dari Medan. Staf Dinas Koperasi Medan, Rahmatun Nazila mengatakan anggota Oase KIM membeli sejumlah kain seperti songket, bordir, dan tas.

"Ibu Iriana beli songket dan tas, total sekitar Rp 2,5 juta. Ibu-ibu Oase juga beli dan borong beberapa kain bordir, tas, dan sejumlah produk fashion diborong. Paling laris tas ulos yang khas medan. Penjualan kita tadi total Rp 30 jutaan ada," jelas Nazila. (Rzk/ty)

Foto : Istimewa