Berita

Kualitas Pelayanan Publik Harus Terus Ditingkatkan

  •   pipito
  •   30 Maret 2022
  •   3:01pm
  •   Berita
  •   2030 kali dilihat

Bontang - Pelayanan publik merupakan prioritas utama dalam reformasi birokrasi. Untuk itu, perlu terus dilakukan terobosan dalam rangka percepatan dalam peningkatan pelayanan publik baik di tingkat provinsi maupun daerah.

Seperti yang diketahui, bahwa masyarakat sudah terbiasa dengan pelayanan yang mudah dan cepat. Peningkatan kualitas pelayanan publik adalah titik terpenting untuk memenuhi harapan masyarakat.

Sementara pelayanan publik yang diberikan Pemerintah masih belum seimbang dengan pelayanan pihak swasta. Inilah yang menjadi dasar supaya pelayanan yang diberikan pemerintah sama dengan yang diberikan pihak swasta.

Disinilah mengapa Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) diperlukan sebagai solusi. 

Hal tersebut dikatakan Andi Yuniantoro selaku Chief Executive Officer (CEO) PT Inixindo Media Iswara Nusantara Yogyakarta saat pemaparan Materi pada Rapat Koordinasi Bidang Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian se Kalimantan Timur tahun 2022.   

Rakor yang mengambil tema "Mewujudkan Pemerintahan Digital di Kalimantan Timur Menuju Satu Data, mendukung Kota Nusantara” ini berlangsung di Ballroom Hotel Sintuk Bontang, Senin (28/3).

Lanjut ia katakan adapun permasalahan diantaranya, pemerintahan yang tidak akuntable dan transparan, ketersediaan data yang tidak valid, tidak cepat, tidak akurat serta layanan birokrasi yang bertele-tele, ucapnya.

“Pemerintah memberikan kemudahan akses dan pelayanan bagi masyarakat. Tidak ada lagi kebingungan, antrian panjang diberbagai instansi pemerintah atapun mengisi formulir kertas berlembar-lembar,”sebutnya. (pt)

Andi juga menambahkan SPBE merupakan alat untuk menghasilkan data, setelah dapat data baru diolah menggunakan SDI. Itu cara berpikir dalam mendapatkan Satu Data. Jadi, yang benar data itu bukan diinput melainkan output dari sebuah aplikasi. (pt)