Berita

Kominfo Gelar Konferensi Pers Nasional Persiapan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN

  •   Khajjar Rohmah
  •   19 Juli 2024
  •   1:39pm
  •   Berita
  •   1348 kali dilihat

Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) menggelar konferensi pers nasional terkait persiapan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong menyatakan, pemerintah pusat akan menggelar dua upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI secara nasional. Yakni di Istana Kepresidenan IKN yang akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Dan di Istana Merdeka Jakarta yang akan dipimpin oleh Wakil Presiden KH Maruf Amin.
 
“Upacara kenegaraan pertama di IKN ini, menjadi simbol transisi awal pemindahan ibu kota negara ke Nusantara. Jadi konferensi pers hari ini, bertujuan untuk menyampaikan update perkembangan informasi melalui kesiapan pemerintah daerah dalam medukung kesuksesan penyelenggaraan upacara di IKN,” kata Usman Kansong saat memberikan pengantar dalam Konferensi Pers Nasional Persiapan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN yang digelar secara virtual melalui Zoom Meeting dan Youtube Dirjen IKP kominfo, Kamis (18/7/2024).


Secara khusus, ia meminta kepada pemerintah daerah untuk turut membantu dan mendukung berbagai aktivitas maupun penyiapan infrastruktur demi menyukseskan Upacara HUT RI di IKN.

Pada 10 Agustus 2024 mendatang, sepekan sebelum pelaksanaan Upacara Detik-Detik Proklamasi di IKN dijadwalkan akan dilaksanakan Kirab Duplikat Bendera Pusaka dari Monumen Nasional (Monas) Jakarta ke IKN. Sehingga Usman meminta, agar Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) menyiapkan prosesi penyambutan momen bersejarah tersebut.

“Kominfo berupaya mendukung pengembangan IKN sebagai ibu kota masa depan Indonesia. Dan sebagai pengampu Government Public Relations (GPR) Kominfo akan terus memberikan perkembangan informasi seputar IKN termasuk pelaksanaan terdekat, Upacara HUT RI,” ungkap Usman Kansong.


Didaulat sebagai narasumber utama dalam konferensi pers nasional ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltim, Sri Wahyuni yang memaparkan terkait kesiapan pemerintah provinsi dalam pelaksanaan Upacara HUT RI di IKN. Sesi konferensi berlangsung interaktif dengan beragam pertanyaan yang disampaikan oleh jajaran media nasional yang mengikuti giat tersebut secara daring.

Dalam konferensi pers tersebut, hadir pula Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian Maritim (IKPM) Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary. (KRV/pt)