Berita

Kejaksaan Tinggi Gelar Upacara Hari Bakti Adhiyaksa ke-62

  •   Khajjar Rohmah
  •   22 Juli 2022
  •   1:42pm
  •   Berita
  •   559 kali dilihat

Samarinda – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar upacara Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-62. Pelaksanaan upacara tersebut merupakan rangkaian agenda perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 62 Kejaksaan Republik Indonesia (RI) yang jatuh pada Jumat, 22 Juli 2022.

Upacara diikuti oleh seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kejati Kaltim dan dipimpin langsung oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati), Deden Riki Hayatul Firman, S.H,M.H sebagai inspektur upacara. Pelaksanan upacara yang digelar di Lapangan Kantor Kejati Kaltim, Jumat (22/7) pagi berlangsung khidmat.

Dalam penyampaian amanat Inspektur Upacara, Kajati Kaltim Deden Riki membacakan Amanat Jaksa Agung Republik Indonesia, Dr. ST. Burhanuddin, S.H, MM. Dalam amanat tersebut disampaikan bahwa peringatan Hari Bhakti Adhyaksa diperingati sebagai momentum bagi kejaksaan untuk melakukan evaluasi dan introspeksi atas kinerja setahun terakhir. Serta, menyusun strategi untuk menghadapi tantangan masa depan.

Menurutnya, Kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum harus menjaga dan meningkatkan citra institusi. Sehingga masyarakat mampu merasakan kehadiran negara dalam setiap problematika hukum.

Hasil survei nasional mengenai evaluasi publik terhadap kinerja pemerintah dalam bidang ekonomi, politik, penegakan hukum dan pemberatasan korupsi menunjukkan peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap kejaksaan. Dari sebelumnya menduduki peringkat ke delapan pada April 2022, menjadi peringkat ke empat pada Juni 2022 dengan capaian 74,5 persen.



“Peningkatan kepercayaan tersebut karena masyarakat menganggap, kejaksaan sedikit banyak telah mampu menampilkan wajah penegakan hukum yang didambakan,” kata Kajati Kaltim, Deden Riki di hadapan peserta upacara.

Ia juga berpesan kepada seluruh insan Adhyaksa untuk menjaga pelaksanaan keadilan restoratif dan menjaga asa masyarakat. Bahwa penegakan hukum bernurani masih ada di negeri ini.

“Saya ingatkan jangan pernah nodai kepercayaan masyarakat!,” tegasnya mengimbau.

Adapun Tema Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 62 Tahun 2022 adalah Kepastian Hukum Humanis Menuju Pemulihan Ekonomi. Tema tersebut, menurut Deden merupakan wujud kepekaan Kejaksaan melihat dinamika bangsa dan negara saat ini.

Serta menunjukkan optimisme kejaksaan dalam berperan menghadirkan penegakan hukum yang memberikan kemanfaatan luas dan menunjang kebangkitan ekonomi Indonesia. (KRV/pt)