Berita

Kaltim Jadi Tuan Rumah PRB 2022

  •   Khajjar Rohmah
  •   23 Agustus 2022
  •   5:30pm
  •   Berita
  •   377 kali dilihat

Samarinda – Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi tuan rumah dalam peringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Tahun 2022. Agenda yang akan dihadiri oleh perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dari seluruh provinsi di Indonesia ini, akan digelar pada 12-14 Oktober mendatang.

Kepala BPBD Kaltim, Agus Hari Kesuma (AHK) mengatakan, persiapan menuju puncak perayaan PRB di Kaltim kini tengah disusun pihaknya. Ia berharap, agenda akbar ini mendapat dukungan dari semua pihak.

“Sejak November 2021, Kaltim ditunjuk sebagai tuan rumah. Kita perlu dukungan baik dari biro dan perangkat daerah di Kaltim untuk menyukseskan acara ini,” ujar AHK saat Rapat Koordinasi Persiapan Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) bersama instansi terkait. Di Ruang Tepian II Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (23/8/2022).

Dukungan dari biro dan  Perangkat Daerah (PD) kata AHK sangat dibutuhkan, terutama dalam hal pendanaan. Sebab, agenda BPBD ini tak dicover oleh APBD Kaltim tahun anggaran 2022.

“Kita sudah koordinasi dengan berbagai pihak. Misalnya untuk kesehatan, siap diback up oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim. Kami harapkan dukungan dari pihak terkait lainnya,” harapnya.



Puncak acara PRB di Kaltim akan diisi dengan agenda expo, talk show, penanaman pohon, pelatihan penanggulangan bencana, bakti sosial dan field trip. Lokasi acara, rencananya akan digelar di Balikpapan dan field trip ke Tenggarong, Kutai Kartanegara. Para tamu undangan akan datang dari seluruh provinsi di Indonesia. Terutama Perwakilan BPBD dan para gubernur serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dari pusat.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim, Riza Indra Riadi juga mengimbau kepada perangkat daerah di lingkup pemerintah provinsi untuk membantu secara pentahelix. Terutama bagi perangkat daerah yang sering terbantu dengan jasa BPBD.

“Seperti dinas kehutanan dan dinas perkebunan, yang sering dibantu BPBD dalam mengatasi kasus kebakaran hutan dan lahan,” kata Riza.

Riza juga mengusulkan, selain dukungan biro dan PD terkait, BPBD dapat mengandalkan dukungan dari pihak ketiga atau swasta dalam menyukseskan acara PRB di Kaltim. (KRV/pt)