Berita

Isran: Lewati 2020 Dalam Kondisi Covid-19, Kaltim Bisa Lalui Dengan Berbagai Kesuksesan

  •   nichita
  •   4 Januari 2021
  •   5:33pm
  •   Berita
  •   369 kali dilihat

Samarinda—Gubernur Kaltim Isran Noor mengungkapkan meskipun kondisi Covid-19 melanda negeri tak terkecuali di Bumi Etam, namun Kaltim dapat melewati tahun 2020 dengan berbagai kesuksesan cerita keberhasilan. Hal tersebut diungkapkan disela sambutan pada acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan anggota dewan komisaris independen dan direktur operasional PT BPD Kaltimtara, yang digelar di Ruang Serbaguna Kantor Gubernur Kaltim, Senin (4/1/2021).

Isran menjabarkan beberapa keberhasilan yang sudah diraih antara lain masih bisa melakukan mengendalikan kontrol inflasi, bahkan terbaik di seluruh Provinsi. Lalu Indeks pembangunan manusia (IPM) masih ada di posisi 3 setelah Daerah Khusus Ibukota (DKI) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan nilai 76,79.

“Kaltim mendapatkan prestasi kerja yang baik berkat dukungan semua pihak. Termasuk pendapatan asli daerah dari pajak pendapatan daerah melampaui target,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, tahun 2020 Kaltim mendapat penghargaan atas keberhasilan menjadi Provinsi Informatif dalam hal Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Keberhasilan tersebut harus dipertahankan dan bisa ditingkatkan untuk tahun mendatang. Karenanya Isran menegaskan agar semua lembaga diharapkan untuk mentaati dan melaksanakan Undang-Undang no 14 tahun 2008 tentang KIP.

“Dalam UU No. 14 tahun 2008 sudah jelas setiap  badan publik itu diwajibkan memberikan informasi yang serta merta dan bebas diberikan kepada masyarakat. Kita terus dorong Badan Publik untuk menjalankan Undang-Undang KIP,” sebutnya.

Isran juga berharap adanya wabah Covid-19 tidak dilihat dari sisi negatifnya saja. Namun pastinya terdapat hikmah besar dari setiap kejadian. Kedepan, di tahun yang baru kita harus terus meningkatkan kinerja melihat di tahun 2020 lalu kita bisa berhasil meraih banyak prestasi meskipun terdampak Covid-19. (cht)