Berita

Insan Pers Bermental Baja

  •   prabawati
  •   9 Februari 2021
  •   4:21pm
  •   Berita
  •   311 kali dilihat

Samarinda---Insan Pers Kaltim sejatinya bermental baja, tahan banting dan menderita demi menjunjung tinggi pengabdian untuk Bangsa dan Negara.

"Karena itu, HPN 2021 harusnya dapat dijadikan pemicu semangat pengabdian yang lebih tinggi," ungkap Gubernur Kaltim H. Isran Noor dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Daerah Prov. Kaltim HM. Sa'bani dalam Peringatan Hari Pers Nasional 2021, secara virtul, Selasa (9/2).

Sa'bani mengungkapkan Pers harus menjadi penyeimbang dalam memberikan informasi yang jelas akurat, akuntabel, dan dapat dipercaya kebenarannya, sehingga pembaca cerdas dalam mendapatkan informasi.

Peringatan HPN tahun ini agak berbeda dari biasanya, karena berada dalam situasi dan kondisi masih merebaknya wabah virus Corona atau yang biasa disebut dengan Covid-19.

Menurutnya, penularan Covid-19 yang masih tinggi berdampak luas di dalam masyarakat dan menjadi persoalan serius Bangsa dan Negara kiranya juga menjadi perhatian Pers Kaltim dengan menyajikan berita yang menunjukkan tanpa hoax dengan berpegang pada kode etik jurnalistik dan ketentuan Perundang-undangan yang berlaku.

Berbagai kebijakan Pemerintahan seperti pembatasan keluar rumah dan bepergian keluar Daerah pada hari Sabtu dan Minggu yang diterapkan mulai pekan tadi tujuannya adalah untuk menurunkan angka penularan dan ini perlu dukungan pers, sehingga tidak muncul berita-berita hoax yang membingungkan masyarakat.

Sehubungan dengan itu, dirinya berharap Pers Kaltim menjadi relawan Covid-19 sesuai tugas dan fungsinya, serta terus berupaya meningkatkan SDM kompetensi dan kepeduliannya pada nasib bangsa.

Peringatan hari Pers ini juga dilaksnakan secara offline yang dihadiri langsung Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal, Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi, Kepala LPP RRI Rahma Juwitasari, Ketua KPID Kaltim, Tokoh Pers Kaltim, KIP Kaltim, IKWI Kaltim serta insan Pers Kaltim. (Prb/ty)