Berita

Inovasi Layanan Media Center MTQ Nasional, Faisal: Kita Siapkan Kafe Khusus Wartawan

  •   Khajjar Rohmah
  •   3 Juni 2024
  •   3:38pm
  •   Berita
  •   111 kali dilihat

Samarinda – Dalam penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) ke-30 Tahun 2024 di Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Nusantara (IKN), pihak panitia akan menyiapkan lokasi khusus yang berfungsi sebagai Media Center. Media center tersebut berfungsi sebagai pusat publikasi dan informasi pelaksanaan MTQ Nasional di Benua Etam.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim, Muhammad Faisal menyebut, pihaknya akan menyiapkan tempat khusus sebagai lokasi media center. Berbeda dari biasanya, media center yang akan disiapkan untuk pelaksanaan MTQ Nasional nantinya, akan bernuansa santai layaknya coffee shop atau kedai kopi.

“Bikin media center sekarang itu lebih gampang dibandingkan lima atau sepuluh tahun lalu. Nanti akan kita buat di kafe saja, duduk saja wartawan di situ. Yang penting Wifi kencang,” ujar Faisal.


Hal itu ia sampaikan saat menjawab pertanyaan awak media terkait layanan media center pada MTQ Nasional ke-30, dalam Jumpa Pers yang digelar Diskominfo Kaltim, Jumat (31/5/2024) lalu.

Mantan Kabag Humas dan Protokol Pemkot Samarinda ini juga mengungkapkan, nantinya media center MTQ Nasional akan dilengkapi fasilitas penyiaran yang dapat menunjang kinerja kebutuhan publikasi bagi para awak media. Seperti, wifi dengan kapasitas besar untuk menunjang kebutuhan internet dan layar monitor untuk menampilkan setiap kegiatan MTQ secara live streaming.

“Kita siapkan TV untuk menampilkan live streaming di semua venue. Tonton saja di situ, wartawan bisa nulis berita sambil ngopi-ngopi. Tapi kopinya bayar sendiri,” kata Faisal sambil berkelakar bersama awak media.

Ia juga berencana, menghadirkan stan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk menyediakan produk lokal agar dapat dibeli oleh para wartawan.

“Kalau perlu UMKM juga di situ, biar wartawan juga bisa beli,” tutupnya. (KRV/pt)