Berita

Inisiasi Latsitarda Nusantara XLIV Tahun 2024: Integrasi Taruna Wreda Dukung Pembangunan Masa Depan

  •   Adding
  •   22 April 2024
  •   9:17pm
  •   Berita
  •   2018 kali dilihat

Balikpapan - Sebuah kesepakatan monumental ditandai oleh Rapat Pleno Panitia Akademi TNI dan Panitia Daerah Kodam VI Mulawarman di Hotel Platinum Balikpapan pada Senin (22/4/2024), yang mengumumkan dimulainya Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XLIV tahun 2024.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk Para Asisten Kasdam VI/Mulawarman, Walikota Balikpapan, Walikota Samarinda, Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara, Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara, Bupati Kabupaten Paser, serta sejumlah Dandim dan Kapolres dari daerah terkait.


Dalam sambutannya, Danjen Akademi TNI Letnan Jenderal TNI Rudianto, S.M., C.S.F.A. mengumumkan resmi dimulainya Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XLIV tahun 2024. Dalam kesempatan yang berlangsung, Letnan Jenderal Rudianto menekankan partisipasi semua unsur militer dan sipil dalam kegiatan ini.

Latsitarda Nusantara XLIV tahun ini melibatkan semua unsur baik dari militer AAL, AAU, Akpol, IPDN, Poltek SSN, Kadet Unhan, serta mahasiswa. Tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menciptakan integrasi antara calon pemimpin dari berbagai lembaga, termasuk TNI, Polri, dan institusi sipil lainnya.

"Kita harapkan adik-adik kita, calon pemimpin masa depan, dapat berintegrasi dan berkolaborasi, dimulai dari hal-hal paling dasar. Pengalaman ini penting untuk membentuk rasa kebersamaan yang kuat di antara mereka,"ungkap Letnan Jenderal Rudianto.

Rudianto juga mengharapkan dukungan penuh dan kerjasama dari unsur Pemerintah Daerah serta komponen stakeholder lainnya yang turut hadir dalam rapat tersebut.

Selain itu, ia berharap bahwa kegiatan ini akan membangkitkan minat masyarakat Kalimantan Timur untuk berkontribusi dalam tubuh TNI, Polri, maupun institusi lainnya, sehingga masa depan bangsa Indonesia dapat lebih maju.

Sementara itu, Pangdam VI Mulawarman Pangdam VI/Mulawarman, Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo menyambut baik kedatangan Danjen Akademi TNI beserta rombongan dalam jajaran Kodam VI Mulawarman.

Ia mengatakan Rapat survei teknis Latsitarda di wilayah Kaltim pada tanggal 25 Maret 2024 telah sukses dilaksanakan dengan aman dan lancar.

Dalam rapat hari ini, Pangdam VI Mulawarman menyampaikan pentingnya kerjasama dari seluruh jajaran instansi terkait, baik dari pemerintah daerah maupun instansi terkait lainnya, dalam menentukan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Latsitarda Nusantara XLIV tahun 2024.

"Pelaksanaan rapat ini penting untuk memastikan keputusan terkait dengan posko mes dan kegiatan lainnya dapat disampaikan dengan baik kepada seluruh pihak terkait," ujar Pangdam VI Mulawarman.

Adapun Kerjasama dari semua pihak akan menjadi kunci kesuksesan pelaksanaan Latsitarda Nusantara ke-44 di wilayah Kalimantan Timur.

Pangdam VI Mulawarman juga menegaskan pentingnya pihak-pihak terkait memahami rangkaian kegiatan Latsitarda XLIV di Kaltim agar kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai tujuan dan harapan semua pihak.

Dengan dimulainya Latsitarda Nusantara XLIV tahun 2024, diharapkan terciptanya kolaborasi yang kuat antara berbagai instansi untuk mencetak pemimpin masa depan yang tangguh dan berintegrasi dengan baik dalam membangun bangsa Indonesia yang lebih maju. (adg/pt)