Berita

Hadir Virtual Di HPN, Presiden Jokowi Sampaikan Peran Penting Pers

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   9 Februari 2022
  •   4:09pm
  •   Berita
  •   296 kali dilihat

Kendari - Tepat pukul 10.15 Wita, acara puncak Hari Pers Nasional 9 Februari 2022 yang berlangsung di Pelataran Masjid Al Alam Kendari dimulai, setelah Presiden Jokowi memasuki Ruang Teleconference yang terlihat jelas dilayar lebar diatas panggung utama acara.

“Setelah diawali dengan laporan Ketua PWI Pusat Atal S. Depari dilanjutkan sambutan Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi SH, serta penyerahan beberapa penghargaan, kemudian giliran Presiden Jokowi menyampaikan sambutannya pada puncak HPN tahun 2022,” kata Muhammad Faisal Kepala Diskominfo Prov Kaltim yang hadir langsung di acara ini.

Faisal mengatakan, dalam sambutan Presiden, Jokowi menyampaikan beberapa hal penting serta perkembangan media dan pers di Indonesia, salah satu yang disorot adalah tentang pentingnya peran pers sekarang ini apalagi dimasa pandemi dan serba digital.

“Beliau mengucapkan terima kasih kepada insan pers, dimana meskipun dalam situasi pandemi tetapi tetap terus bekerja untuk menyampaikan informasi, meningkatkan literasi membangun optimisme serta membangun harapan sehingga masyarakat tetap tangguh menghadapi covid-19,” lanjut Faisal yang hadir bersama Ketua PWI Kaltim, Endro S Efendi.

Kemudian dalam kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo menyampaikan, banyak harapan kepada insan Pers. Dalam kondisi yang penuh tekanan ini, media mainstream dan media arus utama harus secepatnya bertransformasi, harus semakin inovatif meningkatkan teknologi untuk mengakselarasi pertumbuhan yang sehat.

Hal ini disebabkan banyaknya tantangan dan tekanan yang terjadi seperti tekanan masa pandemi, tekanan akibat distrubsi digital dan juga tekanan dari berbagai platform raksasa asing yang menggerus potensi ekonomi dan pengaruh media-media arus utama, serta perubahan drastis landscape persaingan media yang melahirkan berbagai persoalan yang pelik, sambungnya Jokowi.

“Jokowi berharap pers harus membanjiri semua kanal-kanal dan platform-platform dengan berita-berita yang baik dan mencerdaskan. Termasuk mengisi dengan konten-konten yang berkualitas serta menjadikan kepercayaan dan integritas sebagai modal untuk merebut peluang-peluang yang ada,” lanjut Faisal mengulang pernyataan Jokowi. (mf/cht/pt)