Berita

Gelar Forum Perangkat Daerah, DPTPH Kaltim Optimis Wujudkan Penguatan Ketahanan Pangan dan Hortikultura Berbasis Korporasi

  •   resa septy
  •   9 Maret 2022
  •   12:09pm
  •   Berita
  •   452 kali dilihat

Samarinda – Penguatan Ketahanan Pangan melalui pengembangan kawasan tanaman pangan dan Hortikultura berbasis korporasi di Benua Etam menjadi cita-cita besar yang ingin diwujudkan oleh Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Provinsi Kalimantan Timur.

Untuk itu, koordinasi dan sinkronisasi dilakukan oleh DPTPH Kaltim melalui Forum Perangkat Daerah tahun 2022 secara luring di Ruang Oryza Sativa DPTPH Kaltim dan daring diikuti DPTPH Kabupaten/Kota dan sejumlah PD lingkup Pemprov Kaltim, Rabu (9/3).

“Kegiatan ini merupakan bagian dari proses perencanaan sebagai ruang lingkup sinkronisasi untuk merumuskan dan mensinergikan program-program dan kegiatan antar Perangkat Daerah di Provinsi dan Kabupaten/Kota. Sehingga, akan tercipta komitmen pelaksanaannya yang akan kita kawal bersama,” ucap Kepala DPTPH Kaltim, Siti Farisyah Yana.

Sebagaimana tema yang diusungkan “Penguatan Ketahanan Pangan Melalui Pengembangan Kawasan Tanaman Pangan dan Hortikultura Berbasis Korporasi”. Diselenggarakannya forum ini diungkapkan Yana ialah untuk memperoleh masukan dalam rangka penajaman target kinerja, sasaran, program dan kegiatan, lokasi serta kelompok sasaran dalam rancangan Renja Perangkat Daerah, bebernya.

Mengacu pada Permendagri 90 Tahun 2019, lebih lanjut Ia turut menjabarkan program maupun kegiatan yang menjadi tupoksi DPTPH Kaltim, diantaranya; Pertama, program penunjang urusan pemerintahan daerah provinsi, Kedua program penanganan keawanan pangan, Ketiga, program peningkatan diversifikasi dan ketahanan pangan masyarakat.

Empat, program pengawasan keamanan pangan, Lima program penyediaan dan pengembangan sarana pertanian, Enam, program penyediaan dan pengembangan prasarana pertanian, Tujuh program pengendalian dan penanggulangan bencana pertanian dan terakhir, kedelapan yakni program penyuluhan pertanian. (resa/pt)