Berita

Dukung Transformasi Ekonomi, Pemerintah Terus Perkuat Struktur Sosio-Ekonomi Kaltim

  •   Ceppy
  •   27 Juni 2024
  •   1:04am
  •   Berita
  •   325 kali dilihat

 

Samarinda - Pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah terus menggalakkan upaya untuk memperkuat struktur sosio-ekonomi daerah guna mendukung transformasi ekonomi yang berkelanjutan.

Kalimantan Timur misalnya yang dalam beberapa tahun terakhir, telah menunjukkan perkembangan positif dalam diversifikasi sektor ekonomi, berupa mengurangi ketergantungan pada sektor pertambangan, yang selama ini menjadi tulang punggung perekonomian daerah.

Sebagai salah satu upaya untuk merumuskan perencanaan pembangunan daerah tersebut, pemerintah menggelar Focus Group Discussion (FGD) “Pengembangan Infrastruktur yang Mendukung Konektivitas Regional dalam rangka Penguatan Struktur Sosial-Ekonomi Provinsi Kalimantan Timur untuk mendukung Transformasi
Ekonomi" yang dilaksanakan,Rabu (26/06/2024) di Samarinda.

Kepala Plh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim, Saur Parsaoran mendukung penuh segala proses dan tahapan penyusunan peta jalan (Road Map) yang tengah digarap oleh Kementerian PPN/Bappenas ini.

Dirinya meyakini melalui forum diskusi kelompok ini akan didapati poin-poin penting yang menjadi informasi rujukan demi tersusunnya dokumen untuk perencanaan jangka pendek menengah panjang kedepannya.

“Kita harapkan penyusunan Road Map Ekonomi yang sustainable atau berorientasi pada keberlanjutan ini dapat memberikan output yaitu kesejahteraan yang merata di Kalimantan Timur,” jelas Saur.

Melalui ruang diskusi ini juga menurutnya, selain memberikan informasi juga dapat memberikan input atau masukan dari berbagai sektor yang ada di Bumi Etam termasuk sektor sosio dan ekonomi.

Senada, Direktorat Perencanaan Makroekonomi dan Analisis Statistik Kementerian PPN/Bappenas Rufita Sri Hasanah pun menjelaskan bahwa FGD ini merupakan tahapan awal untuk mengobservasi dan menggali hingga menyusun strategi agar ekonomi di Kaltim bisa tumbuh tinggi untuk daerah serta berkontribusi secara nasional.

“Tidak hanya pertumbuhan ekonomi yang tinggi saja, namun bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat,” kata Rufita.

Diketahui, Kaltim sangat mendukung transformasi ekonomi daerah. Dalam beberapa tahun terakhir, berbagai proyek infrastruktur di Kaltim telah dicanangkan dengan tujuan utama meningkatkan konektivitas regional, memperlancar distribusi barang, serta mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Pemerintah pun optimis bahwa pengembangan infrastruktur yang cermat dan terencana akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat, meningkatkan kualitas hidup, serta memberikan peluang kerja baru di berbagai sektor ekonomi.

Dengan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif, diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaat langsung dari pembangunan yang dilakukan. (cpy/pt)