Berita

DPPKUKM Kaltim Gelar Rakor Pengawasan Pupuk Bersubsidi dan Pestisida di Kabupaten Paser

  •   Hendra Saputra
  •   27 Juni 2024
  •   6:14pm
  •   Berita
  •   216 kali dilihat

Tana Paser - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (DPPKUKM) Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Pengawasan Pupuk Bersubsidi dan Pestisida di Kabupaten Paser. Rapat tersebut diadakan di Hotel Grand Kyriad Sadurengas Kabupaten Paser pada Kamis (27/6/2024).

Pertemuan ini dipimpin oleh Penyidik PPNS-Perlindungan Konsumen DPPKUKM Kaltim, Hernawati Apriyani, yang akrab dipanggil Noni.  Serta dihadiri oleh Kepala Bidang Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Paser, Suherman, dan perwakilan instansi vertikal terkait di wilayah Kabupaten Paser.

Hernawati Apriyani menyampaikan, tujuan dari pengawasan ini adalah untuk memastikan kesediaan Pupuk Indonesia, serta memastikan legalitas Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Surat Perjanjian Jual Beli (SPJB) di kios-kios penyalur pupuk.

"Pengawasan tahun ini adalah pembuka untuk pengawasan selanjutnya, jadi kita tidak hanya putus sampai di sini saja," ujar Hernawati.

Ia juga menekankan pentingnya pengawasan rutin terhadap penyaluran dan kuota pupuk bersubsidi setiap tahun. Setelah rapat koordinasi ini, tim akan melaksanakan pengawasan langsung ke kios-kios penyalur pupuk di wilayah Kabupaten Paser.

Di tempat yang sama Kepala Bidang Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Paser, Suherman, dalam sambutannya menyambut baik pelaksanaan pengawasan pupuk bersubsidi.

"Kami memiliki visi tersendiri terkait dengan pelaksanaan pengawasan," ujar Suherman.

Ia menjelaskan bahwa bidang pengawasan kini menjadi bagian dari Perlindungan Konsumen Tertib Niaga, dan kedua bidang tersebut saling bersinergi dalam proses pengawasan pupuk bersubsidi.

Suherman juga menekankan pentingnya proses pengawasan oleh stakeholder terkait dalam pendistribusian pupuk bersubsidi.

"Kami berharap bahwa pengawasan ini dapat dilakukan dengan baik demi kepentingan semua pihak," tambahnya.
(hend/pt)