Berita

Digelar Megah, Pembukaan DTI CX Dihadiri Ratusan Peserta

  •   Khajjar Rohmah
  •   3 Agustus 2022
  •   8:12pm
  •   Berita
  •   561 kali dilihat

Jakarta - Agenda Digital Transformation Indonesia Conference and Expo (DTI CX) digelar dengan megah dan resmi dibuka pada hari ini, Rabu (3/8/2022). Ratusan peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, terlihat memadati Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC). Tempat digelarnya acara tersebut.

DTI CX sendiri merupakan forum teknologi digital yang menggabungkan konsep konferensi dan ekshibisi. Untuk mempertemukan seluruh pemangku kepentingan di bidang teknologi informasi, komunikasi dan penyiaran. Baik dari sektor pemerintahan, pelaku usaha, organisasi, asosiasi maupun profesional.

Acara ini dihelat berdasarkan kerja sama antara Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI), Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), serta PT Adhouse Clarion Event selaku panitia penyelenggara.

Tema DTI CX tahun ini adalah “Evolving Indonesia to The Digital Era: Transforming People, Business, and Society." Berdasarkan pemetaan rencana digital Indonesia 2021 – 2024, DTICX 2022 berfokus dalam mendukung percepatan transformasi digital sektor layanan pemerintah, jasa keuangan, telekomunikasi, kesehatan, manufaktur, utilitas, dan infrastruktur.

Agenda ini juga menjadi momentum tranformasi digital. Sebagai salah satu sarana yang bisa mendorong terciptanya akselerasi percepatan pembangunan di Indonesia. Transformasi digital diharapkan dapat mempermudah pelayanan publik khususnya bagi pelaku bisnis dan masyarakat.



Hadir mewakili Menteri Kominfo RI, Staf Ahli Bidang Komunikasi dan Media Massa, Profesor Widodo Muktiyo. Dalam sambutannya ia mengatakan, saat ini arus inovasi teknologi berjalan sangat cepat dan terjadi setiap waktu. Bahkan telah ditemukan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang hampir menyerupai manusia.

"Ini sebuah lompatan teknologi luar biasa.  Indonesia tidak boleh tertinggal. Oleh karena itu, transformasi digital di segala lini terus kita lakukan," kata Widodo di depan seluruh peserta di Conference Room I, Assembly Hall JCC, Rabu (3/8/2022) pagi.  

Ia juga memaparkan, Kemkominfo terus mengupayakan percepatan tranformasi digital nasional mencakup 4 sektor strategis. Diantaranya infrastruktur digital,  pemerintahan digital, masyarakat digital, dan ekonomi digital.

Acara DTI CX digelar selama dua hari. Yakni Rabu dan Kamis, 3 - 4 Agustus 2022. Selain menghadiri konferensi, para peserta dapat mengunjungi expo yang menampilkan berbagai macam produk dan layanan jasa teknologi digital.   


 
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Faisal, juga hadir sebagai salah satu pembicara pada salah satu sesi panel pukul 15.15 WIB sore ini. Dengan materi Equitable Distribution of Digital Infrastructure Development in The Frontier, Outermost, and Least Development Area.

Hadir mendampingi Kadiskominfo, Kepala Subbag Umum Agus Priyato, Kepala Bidang (Kabid) TIK dan Persandian Diskominfo Kaltim, Dianto, Seksi Pengelolan Data dan Integrasi Sistem Informasi, Fahmi Asa serta Pranata Komputer Ahli Muda, Ferry. (KRV/pt)