Berita

Desain Jaringan Telekomunikasi Untuk Calon IKN

  •   Leliyana Andriyani
  •   15 November 2021
  •   5:10pm
  •   Berita
  •   718 kali dilihat

Jakarta - Penyusunan Kajian Desain Infrastruktur dan Jaringan Telekomunikasi di IKN Pada Tahun 2021 oleh Kemkominfo menjadi tema dalam Rapat Pembahasan Peran Pemerintah Daerah Dalam Pembangunan Jaringan Telekomunikasi di Wilayah Calon IKN dan Sekitarnya yang dilakukan secara daring.

Agenda pun terdiri dari Pemaparan Desain Jaringan Telekomunikasi di IKN oleh Kementerian Kominfo, Pemaparan kondisi jaringan telekomunikasi eksisting di wilayah sekitar calon IKN serta Diskusi rencana peningkatan coverage dan kualitas jaringan.

Rizky Satria selalu Tim dari Kementerian Kominfo menjelaskan secara terperinci mengenai jaringan telekomunikasi  kedepan. Kedepan, akan disediakannya jaringan yang smart serta mendukung pada desain jaringan Fiber Optik di KIPP.

"Pemodelan jaringan KIPP-1A yang diaman terdiri atas 3 jaringan yaitu Fixed Broadband (privat) pada jaringan ini contoh jaringannya seperti Indihome, kemudian mobile broadband(5G) yang diaman jaringan ini seperti jaringan seluler pada umumnya yang nantinya jaringan 5G ini akan saling berhubungan dengan jaringan 4G terakhir pada Garuda Ring,"jelasnya.

Ditambahkan pula bahwa jaringan Garuda Ring ini sendiri terhubung untuk kawasan mulai dari istana presiden, alun-alun kota, wilayah kantor legislatif dan TNI Ring yang dimana dibuatnya jaringan Garuda Ring ini untuk memperkuat mulai dari komunikasi yang esklusif dan mengusahakan agar dalam komunikasinya tidak terputus.

Rizky juga menjelaskan bahwa pasa pemodelan  jaringan KIPP-2 terdiri atas 1 jaringan yaitu Fixed broadband (private) ini terdiri atas 3 tempat yang diaman terdapat 2 Ring-1 (1x 100 GbE), 2 Ring-2 (1x 100 GbE), dan 2 Ring-3 (1x 100 GbE). Kemudian pada KIPP-3 pun sama halnya dengan KIPP-2 yang dimana terdiri atas 2 wilayah dengan kapasitas 3 Ring-1 (1x 100 GbE) dan 3 Ring-2 (1x100 GbE).

"Pada pemodelana jaringan KIPP-Backbone ini akan saling terhubung dengan beberapa tempat dan kemudian jaringan yang akan digunakan ada 2 yang akan memperkuat jaringan dalam kawasan tersebut seperti jaringan cackbone dan Fixed broadband (private),"ujarnya mengakhiri penjelasan terkait jaringan telekomunikasi. (LA)