Berita

Cek Kesiapan HKN 2024, ANRI Lakukan Visitasi ke Kaltim

  •   Khajjar Rohmah
  •   1 Maret 2024
  •   8:14pm
  •   Berita
  •   178 kali dilihat

Samarinda- Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Hari Kearsipan Nasional (HKN) ke-53 yang akan digelar pada Mei 2024. Demi menyukseskan giat akbar tersebut, Tim Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mengunjungi Benua Etam untuk mengecek kesiapan daerah.

Terhitung, ini merupakan kali ketiga TIM ANRI melakukan visitasi ke Kaltim dalam rangka penyiapan HKN 2024. Visitasi langsung dihadiri oleh Sekretaris Utama ANRI Rini Agustini bersama dengan Tim Akreditasi serta Biro Perencanaan dan Humas ANRI. Mereka melakukan survei ke beberapa lokasi final pelaksanaan HKN 2024 pada Rabu (21/2/2024). 

Disambut langsung oleh seluruh jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim,  survei lokasi mendatangi calon venue untuk Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kearsipan yang akan mengundang Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) seluruh Indonesia. 

Diprediksi akan dihadiri 1.500 hingga 2000 peserta, ANRI dan DPK Kaltim terus melakukan serangkaian persiapan menyambut HKN 2024.

"ANRI akan terus berkunjung ke Kaltim. Bersama DPK Kaltim akan terus kita monitoring persiapan HKN yang sudah hampir 70 persen ini," ucap Sekretaris Utama ANRI, Rini Agustini. 

Momentum HKN 2024 di Benua Etam menjadi daya tarik dan penegas untuk masyarakat Indonesia, bahwa Kalimantan Timur adalah Ibu Kota Negara (IKN) masa depan. Kepala DPK Kaltim, Muhammad Syafranuddin turut mengapresiasi seluruh progres persiapan HKN 2024.

"Pemprov Kaltim dan ANRI terus melaksankan rapat koordinasi guna memantau kesiapan HKN yang akan digelar pada 26 hingga 31 Mei 2024 mendatang. Kami mohon dukungan dari seluruh pihak guna suksesnya kegiatan HKN di Kaltim," ungkap Ivan, sapaan akrabnya. 

Sejak September 2023, persiapan HKN terus dilakukan oleh ANRI dan DPK Kaltim. Penetapan Kaltim sebagai tuan rumah HKN 2024, ditetapkan pada event  HKN 2023 di Banyuwangi, Jawa Timur. (*/pt)